Sering Diabaikan, Ternyata ada 7 Khasiat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

JABAR EKSPRES – Tanaman meniran sering kali kita temukan sebagai pagar dirumah-rumah di pedesaan, ternyata selain berfungsi sebagai pagar tanaman , daun meniran  memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Meniran atau dalam bahasa latin disebut Phyllanthus urinaria ini memiliki bentuk batang bulat tegak lurus, tinggi tanaman bisa mencapai satu meter lebih dalam kondisi tanah subur.

Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah.

Meniran umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Padahal dalam daun meniran terdapat senyawa kimia yang bernama zat filantin, kalium, damar, dan zat penyamak.

Baca juga : 10 Manfaat Kegunaan Daun Kelor, dari Menyembuhkan Penyakit Ringan hingga Berat

Kandungan-kandungan dalam daun meniran ini yang membuatnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Memperkuat Sistem Imun

Daun meniran diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun.

2. Mengatasi Nyeri

Manfaat lain dari mengonsumsi daun meniran adalah dapat mengatasi nyeri. Contohnya meringankan gejala nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut, dan lain-lain.

3. Membantu Pengobatan HIV

HIV adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sehingga manfaat daun meniran berperan membantu terapi HIV untuk menghambat virus tersebut berkembang dalam tubuh.

4. Mengatasi Hipertensi

Daun meniran juga mampu menurunkan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi dalam daun ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah sekaligus mencegah hipertensi. Kedua hal ini pun membuat daun meniran juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

5. Mengatasi Peradangan

Zat lain yang ada di dalam daun meniran adalah zat antiinflamasi. Zat ini terbukti efektif mengatasi masalah peradangan, memperkuat tulang, dan rematik. Apabila tidak diatasi, radang dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti masalah kulit sampai penyakit dalam.

6. Mengatasi Batu Ginjal

Selain peradangan, daun meniran juga dapat mencegah dan mengatasi batu ginjal yang bersifat asam. Kandungan di dalam daun meniran diketahui mampu mengurangi ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan