10 Manfaat Kegunaan Daun Kelor, dari Menyembuhkan Penyakit Ringan hingga Berat

JABAR EKSPRES – Daun kelor, yang sering kali diidentikkan dengan kepercayaan mistis oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, sebenarnya menyimpan banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Daun kelor atau Moringa oleifera telah lama dikenal di India sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengakui khasiat daun kelor dan merekomendasikannya sebagai makanan yang baik untuk bayi.

Daun kelor kaya akan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Menurut sebuah jurnal ilmiah berjudul “Moringa Oleifera is Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits” yang diterbitkan pada tahun 2021, kandungan vitamin C dalam daun kelor bahkan tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk.

Namun, Selain vitamin C yang jumlahnya tujuh kali lebih banyak daripada jeruk, daun kelor juga mengandung kalsium, protein, magnesium, dan berbagai fitonutrien.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, berikut adalah beberapa manfaat luar biasa dari daun kelor:

  1. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, daun kelor dapat menjadi solusi efektif. Daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol, bahkan sebanding dengan gandum dan biji rami. Jadi, daun kelor bisa menjadi lalapan sehat saat makan siang untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Baca juga : 7 Rebusan Daun untuk Lawan Tekanan Darah Tinggi

  1. Mencegah Diabetes

Selain menurunkan kolesterol, daun kelor juga dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor secara rutin selama tiga bulan dapat menurunkan gula darah hingga 13,5 persen. Bahkan, menambahkan daun kelor kering ke dalam masakan juga dapat mengurangi gula darah hingga 21 persen.

  1. Menjaga Kesehatan Prostat

Daun kelor mengandung belerang dan glukosinolat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

  1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Konsumsi rebusan daun kelor secara rutin dapat menurunkan kadar asam urat karena kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid yang dimilikinya. Daun kelor juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri badan, pegal linu, hingga rematik.

Tinggalkan Balasan