Sudah Masuk Juli 2024, Kapan Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka?

JABAR EKSPRES – Sudah memasuki awal bulan Juli 2024, masyarakat pejuang ASN yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK tengah menantikan pembukaan pendaftaran tahun ini.

Namun, belum ada informasi pasti mengenai tanggal pembukaan pendaftaran, yang sebelumnya diharapkan akan diumumkan antara bulan Juni atau Juli 2024. Sampai sekarang, pemerintah belum mengumumkan detail lebih lanjut mengenai hal ini.

Sebelumnya, Menpan RB, Abdullah Azwar Anas mengatakan pelaksanaan CASN 2024 akan dilakukan setelah instansi menerima SK (Surat Keputusan) Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) mengenai kebutuhan pegawai ASN.

Apabila SK telah diterima, maka koordinasi akan dilakukan instansi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengumumkan lowongan formasi dan persiapan seleksi.

“Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” kata Menteri Anas, Jumat (3/5/2024) dikutip dari laman resmi Menpan RB.

Meski begitu, pemerintah juga mengharapkan pada awal Juli 2024 ini sudah disampaikan informasi terkait waktu dan lokasi pelaksanaan SKD.

Berdasarkan pantauan JabarEkspres.com dari laman Menpan.go.id, update informasi terakhir yang disampaikan terkait uji publik RPP Manajemen ASN.

Lingkup Manajemen ASN yang diatur dalam RPP ini mencakup perencanaan kebutuhan, pengadaan, penguatan budaya kerja dan citra institusi, manajemen kinerja, pengembangan talenta dan karier, peningkatan kompetensi, proses pemberhentian, serta penegakan disiplin.

Tak hanya itu, update terakhir mengenai seleksi CPNS dan PPPK 2024 diketahui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan ASN tahun 2024 telah menerima naskah soal SKD CPNS dan naskah soal seleksi kompetensi PPPK.

Naskah soal tersebut disusun oleh 38 perguruan tinggi se-Indonesia. Kementerian PANRB menerima naskah soal sebagai perwakilan Panselnas.

Soal-soal ini mencakup Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS, sementara untuk PPPK mencakup Seleksi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, Wawancara, dan Seleksi Kompetensi Teknis.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan