Fungsi End Cap Muffler Sepeda Motor

End cap muffler memiliki desain yang berbeda pada setiap jenis sepeda motor, sesuai dengan konsep desain untuk meningkatkan tampilan motor menjadi lebih sporty. Komponen ini biasanya memiliki warna yang berbeda dengan cover dan silencer knalpot. Sebagai contoh, jika cover muffler berwarna hitam, end cap seringkali dibalut dengan warna silver atau warna lain yang kontras, menciptakan aksen visual yang menarik.

Aksesoris Modifikasi

Selain sebagai komponen bawaan sepeda motor, end cap muffler juga dijual terpisah sebagai aksesoris untuk keperluan modifikasi. Pada beberapa model, end cap muffler bahkan berfungsi untuk mengubah volume suara yang keluar dari lubang knalpot, memberikan pilihan bagi pengendara untuk menyesuaikan suara sesuai keinginan mereka.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Untuk itu, disarankan agar pemilik kendaraan tidak melepas bagian end cap muffler karena memiliki banyak fungsi dan kegunaan. End cap muffler harus selalu mendapat perawatan yang baik. Bersihkan secara rutin dan selalu periksa serta kencangkan bautnya sebelum berkendara.”

BACA JUGA: Tips Memilih Ban Yang Cocok Untuk Sepeda Motor

“Pastikan juga untuk melakukan pengecekan dan perawatan rutin sepeda motor Anda di bengkel AHASS terdekat agar mendapatkan pelayanan maksimal dari teknisi tersertifikasi Honda. Manfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung untuk kenyamanan tanpa antri. Dengan perawatan yang tepat, sepeda motor akan tetap dalam kondisi optimal dan aman digunakan,” tutup Ade.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan