Heru Budi Sebut Presiden Jokowi Akan Berkantor di IKN Jika Infrastruktur Sudah Siap

JABAR EKSPRES –Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan realisasi Presiden Jokowi untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih menunggu kesiapan infrastruktur mendasar di kawasan tersebut.

‘’Kita lihat perkembangan sarana prasarana yang ada,’’ kata Heru dikutip dari ANTARA, Selasa (25/6).

Beberapa infrastruktur yang masih terus disiapkan di antaranya pasokan air bersih dan bandara IKN, yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Polisi Jelaskan Kronologi hingga Proses Evakuasi Truk Tronton yang Terguling di Jalan Simpang Parakanmuncang Sumedang

Meskipun Pembangunan bandara ditargetkan rampung pada Agustus mendatang, Heru mengatakan masih diperlukan pengecekan lebih lanjut dan memastikan izin operasional bandara tersebut.

‘’Ya kan ada air, ada bandara. Kemarin bandara (ditargetkan) bisa selesai Agustus lah ya, dan hasil informasi yang saya dapat tentunya masih perlu penyempurnaan,’’ tuturnya.

Heru juga mengatakan pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian acara peringatan HUT ke-79 RI, yang akan dimulai dengan kegiatan zikir bersama pada 1 Agustus 2024.

BACA JUGA: Geger! Ibu Pakai Lakban untuk Tempel Bayi di Pesawat

Berbeda dari rencana awal untuk menyelenggarakan semua rangkaian acara peringatan HUT tahun ini di IKN, Heru menyebut kegiatan selama 17 Agustus mendatang akan diselenggarakan secara luring dan daring di IKN dan Jakarta.

‘’Kan ada bolong-bolong waktunya. Ada acara tanggal 1, tanggal 10, tanggal 14, tanggal 15, kemudian tanggal 16 dan tanggal 17 (Agustus). Sudah kita setting ya (Presiden akan) pergi-pulang (scenario-nya). Misalnya, tanggal 1 ke tanggal 10 kan jauh (jeda-nya), tentunya (Presiden) akan mondar-mandir ke Jakarta,’’ ucap Heru.

Heru juga menyebut acara zikir bersama pun rencananya masih akan diselenggarakan di Jakarta, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Jalani Sidang sebagai Saksi Mahkota, SYL Sebut Tidak Tahu Soal Pengumpulan Uang di Kementan

Sementara, untuk acara lainnya seperti pengukuhan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibra), apel kehormatan dan renungan suci, dan penganugerahan tanda kehormatan RI belum dipastikan akan diselenggarakan di IKN atau Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa persiapan untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN secara keseluruhan sudah dinyatakan siap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan