Goes To School ke SMAN 3 Bandung, BPIP Sebut Pentingnya Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda

JABAR EKSPRES – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, menggelar kegiatan Goes To School ke SMA Negeri 3 Bandung, Selasa, 25 Juni 2024.

Dengan mengambil tema “Pancasila Saka Adisiswa”, Sekretaris utama BPIP, Tonny Agung Arifianto berharap melalui kegiatan ini, nantinya generasi muda khusunya kalangan pelajar, dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kenapa kami menyasar SMA, karena memang anak-anak SMA ini merupakan tulang punggung untuk generasi masa depan bangsa ini. Apalagi rumus demografi 2030 yang mempersiapkan untuk Indonesia emas 2045, itu aktor atau para pelaku dalam konteks pembangunan termasuk didalamnya adalah untuk mempersiapkan generasi unggul, itu dimulai di pendidikan SMA ini,” ungkapnya di lokasi.

BACA JUGA: Cerita Neneng, Penjual Kue dan Baju di Pasar Rebo Kini Bisa Menopang Perekonomian Keluarga Berkat Holding Ultra Mikro BRI

Tonny menyampaikan, kegiatan ini merupakan langkah awal BPIP untuk mewujudkan atau memberikan nilai-nilai pancasila kepada generasi muda.

“Ini sebagai kegiatan awal BPIP untuk betul-betul memberikan nilai-nilai pancasila sesuai dengan kondisi kekinian, sesuai prevelensi anak-anak muda baik itu milenial atau generasi Z. Jadi kegiatan hari ini merupakan wujud sebenarnya dalam proses aktualisasi pancasila yang harus betul-betul dijalankan di level Pendidikan utamanya anak muda khusunya generasi milenial atau gen Z,” kata dia.

Oleh karena itu, Tonny menuturkan bahwa BPIP akan masuk ke ruang-ruang anak muda untuk terus menanamkan nilai-nilai pancasila khususnya kepada generasi milenial.

BACA JUGA: Darurat Literasi, Perpusnas Gelontor Ribuan Buku ke Jabar

“BPIP harus masuk ke ruang-ruang tersebut terutamanya anak-anak muda. Makanya kenap ada konsep (tema) Pancasila Adisaka, karena ini akan menjadi tiang penyangga untuk siswa-siswa unggul karena kita ingin menjadikan bahwa pancasila ini sebagai bagian dari pedoman hidup. Jadi kalau pancasila dijalankan dalam kehidupan sehari-hari, itu akan menjadikan generasi muda yang unggul bagi bangsa indonesia dan dunia,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, staf khusus ketua dewan pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo menambahan lewat Goes To School ini, pihaknya akan mencoba mengaplikasikan nilai pancasila khusunya kepada kalangan pelajar lewat sebuah tindakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan