Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing di Hari Raya Idul Adha

JABAR EKSPRES – Umat Muslim sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha, sebuah momen penting yang ditandai dengan tradisi kurban. Pada perayaan ini, hewan seperti sapi dan kambing disembelih dan dagingnya dibagikan kepada yang membutuhkan.

Namun, seringkali daging sapi dan kambing tercampur saat pembagian. Untuk membantu Anda membedakan kedua jenis daging ini, berikut adalah beberapa tips praktis.

Baca juga : Contoh Teks MC Idul Adha 2024, Susunan Acara Lengkap dari Awal hingga Selesai

Sebelum membahas cara membedakan daging sapi dan daging kambing, mari kita ketahui lebih dulu tentang Idul Adha. Hari besar umat Islam ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Pada tahun 2024, Idul Adha akan dirayakan pada tanggal 17 Juni.

Idul Adha tidak lepas dari peristiwa Nabi Ibrahim yang diuji keimanannya oleh Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Namun, sebelum perintah itu dilaksanakan, Allah menggantinya dengan seekor domba. Untuk memperingati keimanan dan ketaatan Nabi Ibrahim, umat Islam tiap tahunnya melakukan kurban.

Jenis, Usia, dan Kondisi Hewan Kurban

Menurut QS. Al-Hajj ayat 34, hewan yang boleh dijadikan kurban adalah unta, sapi, domba, dan kambing. Masing-masing hewan kurban memiliki batas usia minimal yang harus dipenuhi:

1. Unta: 5 tahun atau memasuki tahun keenam.

2. Sapi: 2 tahun atau memasuki tahun ketiga.

3. Kambing: 1 tahun atau memasuki tahun kedua.

4. Domba: 6 bulan atau memasuki bulan ketujuh.

Kondisi kesehatan hewan juga sangat penting:

1. Tidak buta sebelah atau keduanya.

2. Tidak sakit dengan penyakit yang tampak jelas.

3. Tidak pincang atau tidak bisa berjalan normal.

4. Tidak terlalu kurus hingga tidak memiliki cukup daging atau lemak.

Kandungan Gizi Daging Sapi dan Daging Kambing

Daging sapi dan daging kambing merupakan sumber protein yang baik. Dalam porsi yang sama, daging kambing mengandung 258 kalori sementara sapi memiliki 217 kalori. Daging kambing lebih rendah lemak dan lebih tinggi protein dibandingkan daging sapi. Namun, daging sapi mengandung vitamin B kompleks dan omega-3 yang baik untuk kesehatan saraf pusat.

Cara Mengolah Daging yang Sehat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan