Pemda Provinsi Jawa Barat: Salat Iduladha 2024 Akan Digelar di Gasibu Bandung

KOTA BANDUNG — Pemda Provinsi Jawa Barat memfasilitasi pelaksanaan Salat Iduladha 1445 Hijriah bagi masyarakat di Lapangan Gasibu, Kota Bandung,  Senin (17/6/2024), pukul 06.00 WIB.

Salat Ied di Lapangan Gasibu akan dipimpin KH Ahmad Zaki Burhani, Pimpinan Pesantren Azzakiyyatussholihah, Kabupaten Majalengka, sebagai imam.

Kemudian sebagai khatib, yakni KH Dede Suherman, Pimpinan Pesantren Al-Inaayah Ciwaas Peuntas Tasikmalaya.

Pada Iduladha tahun ini, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin akan memberikan hewan kurban sapi pasundan empat ekor dan domba asli Jabar sembilan ekor.

Hewan kurban tersebut akan dibagi ke empat lokasi, salah satunya di RW 16, Dusun 3, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA: Bey Machmudin Lantik Ade Zakir Hasim sebagai Penjabat Bupati Bandung Barat

Hewan kurban yang diberikan di Jayagiri, yakni sapi pasundan satu ekor (435 kilogram) dan tiga ekor domba.

Bey Machmudin juga direncanakan akan melaksanakan salat Iduladha di desa tersebut.

Desa Jayagiri terletak dalam kawasan wisata Lembang, yang identik dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Tangkubanparahu, Gunung Putri Lembang, perkebunan, pertanian, peternakan, dan beberapa kawasan wisata alam buatan lainnya, di antaranya Farm House, dan Floating Market.

Namun di desa berpenduduk 1.372 orang ini masih banyak keluarga prasejahtera/duafa mencapai 242 KK atau sekitar 600 orang. Rata-rata pekerjaan warganya sebagai buruh tani harian.

Selain di Jayagiri, Bey juga memberikan kurban untuk warga di sekitar Rumah Dinas Pakuan, yaitu sapi satu ekor (410 kg) dan domba tiga ekor.

Kemudian di dua lokasi lainnya, sapi satu ekor (350 kg) untuk warga sekitar Masjid At-Taqwa Kebon Sirih, Kota Bandung serta sapi satu ekor (330 kg) dan domba tiga ekor untuk warga di sekitar Rumah Dinas Rancabentang.

BACA JUGA: Bey Machmudin Lantik 5.864 ASN di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar

Direncanakan sapi pasundan dan domba kurban tersebut akan dikirim hari ini, Minggu (16/6).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan