8 Negara yang Punya Tradisi Unik dalam Merayakan Hari Raya Idul Adha

Tradisi Idul Adha di Malaysia

Umat Muslim di Malaysia membuka rumah mereka untuk menerima tamu dan menyajikan hidangan lezat seperti rendang, ketupat, dan satay. Selama Idul Adha, mereka juga menyajikan hidangan khas seperti Nasi Kebuli, kerabu perut bersantan, masak pedas paru, dan kari tulang tanpa santan.

Di Kuala Lumpur, jalan-jalan dihiasi dengan rangkaian bunga ketika salat Idul Adha diadakan.

Tradisi Idul Adha di Arab Saudi

Tradisi Idul Adha di Arab Saudi meliputi beberapa kegiatan khusus. Pertama, tradisi menyembelih unta sebagai hewan kurban. Keluarga di Arab Saudi biasanya mengorbankan domba atau unta. Daging kurban ini kemudian didistribusikan kepada yang membutuhkan, termasuk ke negara tetangga.

Kemudian, Idul Adha merupakan hari libur nasional di Arab Saudi, dan selama periode ini, sebagian besar kegiatan bisnis tutup selama tiga hari. Selain itu, prayaan Idul Adha bertepatan dengan puncak musim haji, di mana peziarah Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah.

Tradisi Idul Adha di Mesir

Warga Mesir melakukan ziarah ke kuburan sebagai bagian dari perayaan Idul Adha. Kemudian, warga Mesir pun akan mengunjungi rumah kerabat dan keluarga dekat untuk bersilaturahmi. Dan salah satu tradi uniknya adalah warga Mesir akan memberikan uang dan balon kepada anak-anak, mirip dengan yang dilakukan di Indonesia saat Idul Fitri.

Selain itu, warga Mesir juga akan menyediakan jamuan makanan khas dan makan bersama keluarga dan tamu. Dan di Kairo, jalanan dipenuhi dengan darah dari hewan kurban sebagai bagian dari perayaan.

Tradisi Idul Adha di Maroko

Menyembelih domba adalah kegiatan utama, dimana domba disembelih, dimasak, dan disantap bersama keluarga. Tradisi lainnya adalah masyarakat Maroko memakai pakaian tradisional terbaik yang dibeli khusus untuk perayaan Idul Adha.

Hari raya ini dikenal sebagai Ied Kabir (hari raya besar), di mana semua anggota keluarga berkumpul, bahkan mereka yang merantau pun pulang ke kampung halaman. Di kota-kota seperti Casablanca, pasar dipenuhi orang yang berbelanja kebutuhan Idul Adha dan truk berisi hewan kurban memenuhi jalanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan