2 TKW Asal Cileunyi yang Terlantar di Dubai dan Irak, Mulai Jadi Perhatian Bupati Bandung

JABAR EKSPRES, KAB BANDUNG – Dua tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yakni Lilis Ule (44) dan Rosita (35), yang terlantar di luar negeri mulai jadi perhatian Bupati Bandung, Dadang Supriatna terkait kepulangan mereka ke Tanah Air, Rabu (12/6/2024).

Hal tersebut dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Bandung, ketika dikonfirmasi di kegiatan Festival Seni Budaya yang digelar di lapangan Abah Soeta, Kampung Cikoneng, Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi.

“Persoalan kedua TKW asal Cileunyi sekarang masih menunggu laporan lengkap dari dinas terkait,” kayanya, Rabu (12/5).

Dadang atau akrab disapa Kang DS itu menegaskan, tak hanya bagi TKW asal Cileunyi saja, namun jika ada warga Kabupaten Bandung yang menjadi pekerja di luar negeri dan butuh bantuan untuk kepulangan, pihaknya siap memfasilitasi.

BACA JUGA:Pemkot Bandung Belum Temukan Kasus PMK Jelang Idul Adha 2024

“Kalau ada TKW yang terlantar tinggal koordinasi dengan dinas terkait, nanti saya komunikasi dengan kepalanya (Kadis),” tegasnya.

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, pelaporan sudah dilayangkan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Penyuluh Tenaga Kerja (PTK) Kabupaten Bandung, soal terlantarnya dua warga Cileunyi yang jadi TKW di luar negeri.

Bahkan pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cileunyi sambangi Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar.

Kepulangan 2 TKW asal Cileunyi yang terlantar jangan sampai diabaikan, sebab kondisi mereka di luar negeri cukup memprihatinkan.

BACA JUGA:PPDB Tahap Pertama 2024 Masuk Proses Verifikasi – Validasi, Disdik Jabar sebut Masih ada Beberapa Sekolah yang Belum Menyelesaikan

Diketahui, Lilis Ule merupakan TKW asal warga Kampung Sindangwargi RT02 RW18, Desa Cileunyi Wetan sudah setahun lebih terlantar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sedangkan Rosita diketahui TKW asal Kampung Cikoneng 3 RT02 RW03, Desa Cibiru Wetan sudah 18 bulan terlantar di Duhok, Irak. Keduanya ingin segera pulang ke tanah air.

“Saya minta datanya yang lengkap, sehingga nanti saya bisa bantu untuk pemulangan ke Kabupaten Bandung,” tukas Kang DS.

Sementara itu, Camat Cileunyi, Cucu Endang berharap, warganya yang terlantar di luar negeri sebagai TKW dapat segera berpulang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan