Sebelum Kurban, Ini Syarat Penting yang harus Diperhatikan

JABAR EKSPRES – Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah sudah tinggal hitungan hari, masih ada kesempatan bagi yang akan kurban tahun ini. Simak beberapa syarat berkurban yang harus diperhatikan sebelum tiba waktunya.

Menurut tulisan dari Ustadz Abu Ghozie As Sundawie dilaman website pribadinya, menyebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum seseorang berkurban.

Beberapa syarat tersebut harus dipenuhi jika ingin ibadah kurban yang dilakukannya sah dan diterima Allah SWT.

Baca juga : Tips Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Aman

Berikut beberapa syarat tersebut:

1. Berkaitan dengan Binatang yang akan dikurbankan.

– Binatang yang akan dikurbankan haruslah binatang ternak yang ditetapkan oleh syari’at yaitu, unta, sapi dan kambing, dan dibolehkan berkurban dengan kerbau karena kerbau adalah sejenis sapi.

Berdasarkan firman Allah subhanahu wa Ta’ala :

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيْمَةِ الْأَنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوْا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ.

”Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut Nama Allah terhadap hewan ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka. Sesembahan kalian ialah Sesembahan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kalian kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah Ta’ala).” (QS. Al-Hajj : 34).

– Binatang kurban haruslah miliknya yang didapatkan secara halal, bukan hasil mencuri atau menipu, atau binatang gadaian.

– Bintang kurban hendaknya terbebas dari cacat berupa, buta sebelah yang jelas butanya, atau sakit yang jelas sakitnya, atau yang pincang dan jelas pincangnya, serta yang kurus yang tulangnya tidak bersumsum.

– Usia bintang kurban haruslah mencapai MUSINNAH. Yaitu unta berusia 5 (lima) tahun, sapi berusia 2 (dua) tahun dan kambing berusia 1 (satu) tahun, adapun domba boleh walaupun 6 (enam) bulan.

2. Larangan-larangan bagi yang mau berkurban.

Selain perlu memeprhatikan binatang kurban, ada bebrapa larangan yang diberlakukan bagi orang yang mau berkurban.

Larangan tersebut adalah mencukur rambut atau memotong kuku sehingga binatang Qurbannya disembelih. alrangan ini berlaku mulai tanggal 1 Dzulhijjah hingga setelah binatang disembelih.

Namun larangan ini hanya berlaku bagi kepala keluarga saja yang mau berkurban.

Hal ini berdasarkan hadits dari Ummu Salamah radhiyallahu anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan