PPDB Tahap Pertama Usai, Lebih dari 300 Ribu Calon Siswa Baru Daftar ke SMA/SMK Negeri

JABAR EKSPRES  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) baru saja menyelesaikan proses pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 tahap pertama untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB yang dibuka mulai dari  3-7 Juni 2024.

Dalam proses pendaftaran PPDB tahap pertama kemarin, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disdik Jabar Ade Afriandi menyebut calon siswa baru yang mendaftar ke SMA dam SMK Negri mencapai 99.1 persen dari kuota yang ditentukan.

“Untuk pelaksanaan PPDB tahap 1 (pertama) yang dimulai dari tanggal 3 – 7 Juni kemarin tercatat ada sekitar 99,1 persen calon peserta didik baru sudah terdaftar sebanyak 308.004 pendaftar dari kuota sebanyak 310.748 peserta didik baru,” ungkapnya saat dikonfimasi oleh Jabar Ekspres, Sabtu (8/6).

Dari 300 ribu lebih tersebut, Ade menambahkan sekitar 3.179 atau 2,5 persen calon siswa baru lainya mendaftar melalui sistem zonasi.

“Tercatat 2,5 persen calon peserta didik baru sudah terdaftar melalui jalur zonasi atau sebanyak 3.179 pendaftar dari kuota 146.133 peserta didik baru,” ucapnya

Sementara untuk jalur lainnya yang dibuka di tahap pertama seperti Afirmasi Keluarga Ekonomi Tidak Mampu atau KETM, ia menuturkan ada sekitar 4.290 pendaftar melalui jalur tersebut.

“Ini tercatat sebanyak 98 persen calon peserta didik baru dari jalur afirmasi KETM ekstrim, atau sebanyak 4.290 pendaftar dari kuota yang disediakan 4.379 peserta didik baru,” ujarnya

Maka dengan adanya jumlah pendaftar di tahap pertama ini, Ade menyebut bahwa selanjutnya Disdik Jabar akan segera melakukan proses verifikasi dan validasi dari persyaratan atau dokumen yang diberikan oleh calon siswa baru.

“Proses segera melakukan proses verifikasi dan validasi dari persyaratan dan dokumen saat ini sudah mencapai 89,7 persen dan untuk SMA SMK Swasta sudah mencapai 85,7 persen. Dan proses verifikasi validasi persyaratan dan dokumen ini dilakukan oleh panitia PPDB,” pungkasnya.(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan