Rudy Susmanto Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai Luhur Pancasila dalam Berkehidupan

Jabarekspres.com, BOGOR – Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024), Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengajak seluruh pemangku kebijakan dan masyarakatnya. Untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Rudy, Pancasila dapat menjadi pedoman dalam menjaga orientasi kehidupan bangsa dan negara. Mengingat, Pancasila lahir pada 1 Juni 1945 merupakan rumusan dasar negara yang digagas para pendiri bangsa Indonesia.

“Hari Lahir Pancasila adalah momen penting untuk mengingatkan kembali bangsa Indonesia tentang esensi Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup bangsa,” ungkap Rudy Susmanto, Sabtu (1/5).

BACA JUGA:Bupati Bandung Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat di Pilkada 2024, Dukung Anggaran Hibah Rp101,9 M

Rudy menyebut, nilai-nilai egaliter Pancasila harus menjadi landasan bagi semangat kebangsaan yang menghargai kesetaraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai egaliter itu, kata Rudy menjadi penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang adil dan makmur, serta dapat membangun masyarakat yang lebih adil, sejahtera dan inklusif.

“Dalam proses perumusan Pancasila telah menunjukkan semangat persatuan dan musyawarah mufakat rakyat Indonesia, demikian juga dalam melawan penjajah. Rakyat dari berbagai suku, agama dan golongan bersatu padu melawan penjajah.

“Pancasila lahir berhubungan erat dengan perjuangan rakyat Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai kebangsaan dalam membangun egaliterisme dalam sejarah panjang bangsa ini,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan