Tips Memilih Minyak Goreng Sehat bagi Penderita Asam Lambung

JABAR EKSPRES – Rasa nyeri akibat asam lambung yang kambuh tentu sangat tidak nyaman. Rasa perih pada ulu hati atau tidak nyaman di bagian perut sering kali menjadi keluhan utama. Bagi para penderita asam lambung, makanan yang dikonsumsi memegang peranan penting dalam mencegah kambuhnya gejala.

Melansir dari Siloam Hospital, salah satu penyebab utama kambuhnya asam lambung adalah makanan, terutama yang mengandung lemak tinggi. Minyak atau gorengan merupakan pantangan utama bagi penderita asam lambung karena dapat merangsang produksi hormon kolesistokinin yang menyebabkan melemahnya esofagus bagian bawah. Hal ini mengakibatkan asam lambung lebih mudah naik dan menimbulkan sensasi panas di ulu hati.

Minyak yang tinggi lemak juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada pilihan minyak goreng yang lebih aman untuk penderita asam lambung.

Minyak Goreng yang Aman untuk Asam Lambung

Secara umum, penderita asam lambung sebaiknya menghindari makanan yang terlalu berminyak. Namun, minyak dari tumbuhan lebih disarankan dibandingkan minyak yang berasal dari hewan. Minyak hewan, seperti dari kulit ayam dan daging, mengandung kolesterol tinggi yang tidak hanya mempengaruhi asam lambung, tetapi juga meningkatkan risiko darah tinggi, jantung, dan stroke.

Salah satu minyak tumbuhan yang aman dan sehat bagi penderita asam lambung adalah minyak zaitun. Minyak zaitun, terutama jenis extra virgin, memiliki kandungan senyawa phenolic yang tinggi. Senyawa ini memiliki efek antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri helicobacter pylori yang sering menjadi penyebab luka di lambung.

Menurut Palmura Surgical, minyak zaitun extra virgin memiliki tingkat keasaman kurang dari 1,5 persen, menjadikannya pilihan terbaik bagi penderita asam lambung. Kandungan lemak sehat dalam minyak zaitun juga bisa membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan, sehingga mengurangi risiko terjadinya refluks asam.

Penggunaan Minyak Zaitun dalam Masakan

Minyak zaitun extra virgin dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan, mulai dari menggoreng sayuran, daging, hingga seafood. Ini bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan minyak goreng biasa yang tinggi lemak jenuh. Namun, penting untuk memilih minyak zaitun extra virgin yang berkualitas baik untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan