Gelombang Panas Melanda Pakistan! Suhu Tertinggi Mencapai 52 Derajat Celsius

JABAR EKSPRES – Suhu naik di atas 52 derajat Celsius (125,6 derajat Fahrenheit) di provinsi Sindh, Pakistan bagian selatan, menjadi angka tertinggi musim panas ini dan mendekati rekor tertinggi negara tersebut di tengah gelombang panas yang sedang berlangsung, kata kantor meteorologi pada hari Senin (27/5).

Suhu ekstrem di seluruh Asia selama sebulan terakhir kemungkinan besar diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, kata tim ilmuwan internasional.

Di Mohenjo Daro, sebuah kota di Sindh yang dikenal dengan situs arkeologinya yang berasal dari Peradaban Lembah Indus yang dibangun pada tahun 2500 SM, suhu mencapai 52,2 derajat Celsius (126 derajat Fahrenheit) dalam 24 jam terakhir, kata seorang pejabat senior dari Departemen Meteorologi Pakistan, Shahid Abbas.

Baca juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari ini 28 Mei 2024, Cerah Benderang

Suhu ini adalah yang tertinggi pada musim panas sejauh ini, dan mendekati rekor tertinggi kota dan negara tersebut, masing-masing 53,5 derajat Celsius (128,3 derajat Fahrenheit) dan 54 derajat Celsius (129,2 derajat Fahrenheit).

Mohenjo Daro adalah kota kecil yang mengalami musim panas yang sangat panas dan musim dingin yang sejuk, serta curah hujan yang rendah.

Namun, pasar-pasarnya yang terbatas, termasuk toko roti, kedai teh, bengkel mekanik, toko reparasi elektronik, serta penjual buah dan sayur, biasanya ramai dengan pelanggan.

Tetapi dengan gelombang panas saat ini, toko-toko hampir tidak ada pengunjung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan