Dishub KBB Periksa 41 Bus Pariwisata Selama Libur Panjang Waisak, Satu Unit Tidak Laik Jalan

JABAR EKSPRES – Pemeriksaan bus wisata atau ramp check oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilakukan selama libur panjang Waisak 2024.

Total ada 41 bus pariwisata yang diperiksa sejak 24 hingga 26 Mei 2024.
Hasilnya, dari puluhan bus yang dilakukan pemeriksaan, satu diantaranya dinyatakan tidak layak jalan.

Kepala Dishub Kabupaten Bandung Barat, Fauzan Azima menerangkan, pada Jumat 24 Mei 2024, setidaknya ada 10 bus pariwisata yang dilakukan pemeriksaan dan pengawasan.

“Pada hari jumat 10 unit kendaraan laik jalan ada 3 unit yang dicek surat-suratnya belum terintegrasi ke aplikasi kementerian,” katanya saat dihubungi, Senin (27/5/2024).

BACA JUGA: Pemkot Sebut Long Weekend di Kota Bandung Sumbang Rp59 Miliar

Sementara, pada Sabtu 25 Mei 2024, 26 unit bus pariwisata menjalani pemeriksaan kelaikan kendaraan dan 25 ini diantaranya laik jalan.

“Sebanyak 25 unit laik jalan dan 1 unit kendaraan masa uji berkalanya habis dilakukan penilangan oleh pihak berwenang,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, di hari Minggu 25 Mei 2024 pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 5 unit Bus Pariwisata dan semua kendaraan dinyatakan laik jalan.

“Di hari Minggu ini memang jumlah Bus Pariwisata yang masuk ke daerah Lembang mengalami penurunan,” katanya.

BACA JUGA: SSB UNI Class 2014 Siap Hadapi Turnamen Internasional

Fauzan menyebut, di hari libur Waisak 2024 ini wisatawan yang datang ke Kabupaten Bandung Barat mengalami kenaikan. Hal tersebut terlihat dari jumlah Bus Pariwisata yang mengalami peningkatan.

“Kita bisa lihat dari kendaraan Bus Pariwisata yang kita periksa. Jika dibandingkan libur biasa jumlah Bus Pariwisata tidak banyak. Peningkatan terjadi di hari kedua yakni Sabtu (25/5/2024),” katanya.

Ia menegaskan, pada hari libur Waisak 2024 ini kendati wisatawan mengalami peningkatan untuk arus lalin dan hari libur berjalan lancar.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak, libur Waisak 2024 ini di Kabupaten Bandung Barat aman dan lancar,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan