18 Anggota Panwascam Dilantik Bawaslu, Pj Wali Kota Bogor Tekankan Hal ini!

JABAR EKSPRES – Sebanyak 18 Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Bogor untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 resmi dilantik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor.

Prosesi pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Panwaslu yang berlangsung di Hotel Pajajaran, Kota Bogor pada Sabtu (25/5) itu turut disaksikan Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari.

“Saya ucapkan selamat kepada Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kota Bogor yang baru saja dilantik dan disumpah. Semoga dapat menjalankan amanah yang diberikan ini dengan baik dan rasa tanggung jawab,” kata Hery dikutip Sabtu, 26 Mei 2024.

Momentum tersebut, lanjut Hery, merupakan bagian dari upaya Kota Bogor untuk ikut mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Bogor.

Dirinya berharap Pilkada di Kota Bogor dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, agar tercipta Pilkada yang aman, damai dan sejuk.

“Salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis, yaitu aspek pengawasan yang menjadi tugas teman-teman selaku personil Panwascam,” tuturnya.

Hery menekankan, bahwa sinergi antara Panwascam dengan PPK sebagai penyelenggara pemilu di level kecamatan menjadi harapan terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas.

Pelaksanaan tugas Panwascam maupun PPK, sambung dia, tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan kecamatan sebagai sekretariat.

“Saya minta beri dukungan sebaik mungkin baik personil maupun sumber daya dengan tetap berpegang pada peraturan,” tegas Hery.

Menurut dia, hal yang tak kalah penting dan terkadang dilupakan, yakni pencegahan pelanggaran pemilu.

Ia pun meminta agar semua juga fokus untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi kerawanan pelanggaran pemilu dengan memperkuat koordinasikan bersama stakeholders terkait.

Pasalnya, semakin banyak pihak yang terlibat dalam pengawasan, maka akan semakin kecil celah potensi pelanggaran pemilu.

“Ketiga, turut mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Bogor di pilkada serentak nanti, kami telah membentuk Desk Pilkada sebagai wadah bagi semua stakeholder menindaklanjuti hal-hal yang perlu dibahas di tingkat kota,” jelas Hery.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bogor, Herdiyatna menambahkan, bahwa pihaknya telah memastikan 18 anggota Panwascam yang dilantik dan disumpah ini tidak terafiliasi dengan kelompok manapun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan