PVMBG: Gunung Kelimuti di NTT Berstatus Waspada, Jauhi Kawah

JABAR EKSPRES – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan kenaikan status Gunung Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dari sebelumnya status normal kini menjadi Waspada atau Level II.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat (24/5) mengatakan kenaikan tingkat aktivitas itu terhitung mulai hari ini pukul 13.00 WITA.

Hendra mengatakan Masyarakat atau wisatawan yang berada di sekitar Gunung Kelimutu untuk tidak berada di area kawah dalam radius 250 meter dari tepi kawah.

BACA JUGA: Polisi Amankan Remaja Konvoi Sambil Bawa Sajam

“Masyarakat atau pengunjung di sekitar Gunung Kelimutu agar tidak berada di sekitar area kawah dalam radius 250 meter dari tepi kawah,’’ ucap Hendra.

Gunung Kelimutu adalah gunung api dengan tipe strato yang memiliki ketinggian 1.384,5 meter di atas permukaan laut (mdpl).

PVMBG terus melakukan pengamatan secara visual dan instrumental dari Pos pengamatan yang berada di Kampung Kolorongo, Desa Koa Nora, Kabupaten Ende.

BACA JUGA: Jerman Siap Tangkap Netanyahu Jika ICC Keluarkan Surat Perintah

Gunung Kelimutu sendiri mempunyai tiga danau kawah yaitu Kawah I (Tiwu Ata Polo), Kawah 2 (Tiwu Koofai Nuwamuri, dan Kawah 3 (Tiwu Ata Bupu).

Pada 1 sampai 23 Mei 2024 Gunung Kelimutu terlihat jelas hingga tertutup kabut, PVMBG mengamati asap kawah utama berwarna putih dan intensitas tipis dengan ketinggian sekitar antara 5 sampai 25 meter dari puncak.

Hendra menuturkan terdapat konsistensi perubahan warna yang semakin nyata pada permukaan Kawah I dan II.

BACA JUGA: Gelombang Panas Ekstrim Tewaskan 48 Orang di Meksiko, Pemerintah dan Ilmuwan Angkat Bicara

Kemudian, pada tanggal 17 Mei 2024 air Kawah I mengalami perubahan dari warna hijau menjadi hijau tua, teramati dua titik bualan air di atas permukaan air danau kawah di sebelah tiur laut, tercium bau gas belerang namun masih lemah, suhu air danau kawah terukur 23 derajat celcius.

Pada tanggal 22 Mei 2024 air danau di kawah I mengalami perubahan warna menjadi cokelat kehitaman dengan suhu air danau 21 derajat Celcius.

sedangkan, di tanggal sebelumnya 17 Mei 2024 di kawah II warna air danau kawah masih berwarna biru muda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan