Kawah Nirwana di Lampung Barat Alami Erupsi Sebanyak 3 kali

JABAR EKSPRES – Kawah Keramikan atau Kawah Nirwana di Lampung Barat mengalami erupsi sebanyak 3 kali pada Jumat 24 Mei 2024 pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepolisian Resor (Polres) Lampung Barat meminta kepada warga untuk tetap waspada dan tidak panik dengan terjadinya erupsi Kawah Nirwana yang berada di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh.

Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widiya Muharram saat dihubungi dari Lampung Selatan, Jumat, mengatakan adanya peristiwa tersebut pihaknya menghimbau warga supaya tidak panik dan tetap waspada.

BACA JUGA: Flyover Ciroyom Sudah Masuk Tahap Penyelesaian

‘’Kawah Keramikan mengalami erupsi dan telah terjadi letusan sebanyak tiga kali tadi pagi. Kami mengimbau warga agar tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan, saat ini kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait serta melaporkan kejadian ini kepada pimpinan,’’ kata Ryky.

Ryky juga mengatakan Kawah Keramikan yang berada di Lampung Barat ini mengeluarkan suara dentuman keras seperti suara letusan sampai tiga kali dan mengeluarkan material pasir, lahar, hingga asap tebal, wedus gembel.

‘’Kawah Keramikan Meletus tigas kali pagi tadi. Letusan pertama mengeluarkan sejenis pasir, letusan kedua mengeluarkan lahar, dan letusan ketiga, paling keras, mengeluarkan asap tebak seperti wedus gembel,’’ ujarnya.

BACA JUGA: Polisi Periksa Pria yang Selundupkan Ganja dalam Roti Tawar di Rutan Medan

Dari kejadian tersebut pihak kepolisian dan pihak terkait masih berjaga serta memantau situasi di sekitar letusan Kawah Keramikan.

Kapolres Lampung Barat juga mengimbau kepada warga untuk tidak msuk ke area Kawasan letusan dan tidak mendekati lokasi dengan radius satu kilometer meskipun di lokasi letusan terpantau aman.

‘’Di lokasi letusan terpantau sudah normal dan kondusif, namun petugas melarang warga untuk tidak masuk ke area Kawasan letusan dan tidak mendekati lokasi dengan radius satu kilometer,’’ kata Kapolres Lampung Barat tersebut.

BACA JUGA: Tak Ingin Kadaluwarsa, Berikut Kerja-kerja Seni Sadaya Unikom Pertahankan Eksistensinya di Tengah Perkembangan Zaman

Kawah Keramikan atau Kawah Nirwana ini dikenal sebagai tempat wisata andalan bagi warga Lampung Barat yang berada di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Souh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan