Selain Bantu Turunkan Tekanan Darah, Ketahui Manfaat Lain Bunga Telang

JABAR EKSPRES – Bunga telang merupakan sejenis tanaman merambat dengan nama latin Clitoria ternatea yang berasal dari daerah tropis Asia Tenggara. Bunga telang memiliki tampilan bunga berwarna biru atau ungu yang indah pada kelopaknya. 

Berikut ini terdapat penjelasan lengkap mengenai kandungan nutrisi apa saja yang ada pada bunga telang, dan apa saja manfaat penggunaannya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam Bunga Telang

Bunga telang mengandung berbagai senyawa aktif yang memberikan manfaat kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi dan senyawa yang terbisa dalam bunga telang meliputi:

  • Antosianin

Bunga telang mengandung antosianin, senyawa pigmen alami yang memberikan warna biru atau ungu pada kelopak bunganya. Antosianin memiliki sifat antioksidan yang kuat dan berperan dalam melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. 

BACA JUGA: Selain Bentuknya yang Cantik, Ternyata Bunga Dandelion Miliki Manfaat Bagi Pencernaan

  • Flavonoid

Bunga telang juga mengandung flavonoid lainnya, seperti kaempferol dan kuersetin, yang memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, dan neuroprotektif.

  • Asam Amino

Bunga telang mengandung sejumlah asam amino yang penting untuk kesehatan tubuh, meskipun dalam jumlah yang kecil.

  • Protein

Meskipun dalam jumlah yang terbatas, bunga telang juga mengandung protein yang merupakan komponen penting dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh.

Manfaat Kesehatan Bunga Telang

  • Efek Antioksidan

Kandungan antosianin dalam bunga telang memberikan efek antioksidan yang kuat, membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak bunga telang bisa meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bunga telang bisa membantu menurunkan tekanan darah, yang menguntungkan bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

BACA JUGA: Termasuk Jenis Obat Tradisional, Ini 7 Manfaat Konsumsi Mahkota Dewa

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan antosianin dalam bunga telang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mata, melindungi retina dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan