Proyek Underpass Cibiru Molor, Sekda Jabar Sebut Progres Masih Tahap Administrasi

JABAR EKSPRES – Molornya proyek Underpass Cibiru guna atasi kemacetan di wilayah Bandung Timur, sampai sekarang masih dalam proses pemenuhan administrasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan, proyek tersebut bukan tak ada titik terang melainkan tahapannya tengah diupayakan.

“Proyek Underpass Cibiru masih dalam proses pemenuhan administrasi pembangunan proyek, seperti detailed engineering design (DED) sudah,” katanya kepada Jabar Ekspres melalui seluler, belum lama ini.

Hermab menjelaskan, progres yang dimaksud yakni pihak pemerintah telah menyiapan manajemen kontruksi dan lain-lain.

“Setelah dokumen administrasi lengkap selanjutnya akan diusulkan pendanannya,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan Underpass Cibiru sempat digadang-gadang menjadi proyek infrastruktur yang mampu menjadi solusi, dalam mengatasi kemacetan di Bandung Timur.

Namun hingga saat ini, Underpass Cibiru faktanya masih di tahap wacana, yang pembangunannya bahkan tersusul oleh flyover di sejumlah titik wilayah Kota dan Kabupaten Bandung.

Sedangkan jalur Bundaran Cibiru-Cileunyi yang banyak dijuluki masyarakat sebagai ‘jalan neraka’, kemacetannya kian hari semakin parah.

Oleh sebab itu, sangat masuk akal apabila ruas jalan tersebut semakin padat dari berbagai arah.

Apabila dilihat dari Barat arus kendaraan dari arah Jalan Soekarna Hata dan Jalan AH Nasution (Ujungberung) menuju Cileunyi lewat Bunderan Cibiru.

Sedangkan dari arah Timur (Cileunyi), arus kendaraan yang menuju Bandung (Bundaran Cibiru) kendaraan dari arah Jatinangor, Rancaekek, dari Tol Cisumdawu dan Tol Padaleunyi.

Belum lagi pasca dioperasikanya Kereta Cepat Whoosh dengan Stasiun Teggalluar, Cibiruhilir pasti menambah padatnya volume kendaraan.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, selama dua periode sejak era Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil hingga Yana Mulyana. Pembangunan Underpass Cibiru tak tahu rimbanya, atau hanya sekadar wacana yang entah kapan terealisasi.

Bahkan, Ridwan Kamil sempat mengunggah rancangan gambar desain Underpass Cibiru, melalui akun media sosial Facebook resminya pada 24 November 2015 lalu.

“Warga Bandung, ini gambar desain untuk terowongan underpass di bundaran Blue Water (Cibiru) untuk mengurai macet Bandung Timur. Doakan lancar, Insya Allah dimulai tahun depan juga. Hatur nuhun,” kutip Ridwan Kamil di akun Facebook resminya.

Writer: Yanuar Baswata

Tinggalkan Balasan