Pilkada Kota Banjar: Golkar Mulai ‘Goda’ PAN

JABAR EKSPRES – DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Banjar melakukan pertemuan internal dengan Pengurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Banjar. Silaturahmi politik antar ketua dan para pengurus dua parpol itu untuk menyongsong peta politik koalisi jelang Pilkada Kota Banjar tahun 2024.

“Kami melalukan silaturahmi, safari politik ke Partai PAN untuk mempererat hubungan baik antar parpol. Dengan partai-partai yang lain juga sudah ada agenda, tinggal dilaksanakan,” kata Ketua DPD Golkar Kota Banjar, Dadang Ramdhan Kalyubi, Kamis 2 Mei 2024.

Sejauh ini, kata dia, parpol yang akan didatangi, yakni parpol yang linier dengan koalisi Pilpres. Meski demikian, konsolidasi dengan partai di luar koalisi Pilpres pun akan dilaksanakan.

“Yang menjadi prioritas itu (Parpol Koalisi Pilpres) dulu. Sejauh ini baru dengan PAN, yang lainnya menuyusul,” kata Dadang R. Kalyubi yang berencana akan maju menjadi bakal calon Wali Kota Banjar periode 2024-2029 dari Partai Golkar.

BACA JUGA: PKS Buka Pintu Koalisi untuk Pilkada Kota Banjar, 2 Tiket Balon Telah Digenggam

Golkar Adopsi Koalisi Pilpres di Pilkada Kota Banjar, Pisah Ranjang dengan PDIP Kian Kentara

Sementara itu, jelang Pilkada Kota Banjar November 2024, DPD Partai Golkar Kota Banjar tidak membuka pintu penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari ekternal partai.

Menurut Dadang Ramdhan Kalyubi, Partai Golkar sudah memiliki calon yang ditunjuk oleh pimpinan pusat. Calon tersebut hasil dari pengusulan tingkat DPD ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dari kader internal partai.

Pada November 2023, satu dari tiga nama calon yang disodorkan DPD ke DPP Golkar itu sudah ditentukan. Calon wali kota dari partai beringin tersebut tidak lain adalah Dadang Ramdhan Kalyubi.

BACA JUGA: Golkar Adopsi Koalisi Pilpres di Pilkada Kota Banjar, Pisah Ranjang dengan PDIP Kian Kentara

“Partai Golkar tidak membuka penjaringan untuk eksternal di Pilkada Banjar tahun 2024 ini, karena sudah ada satu nama yang ditentukan oleh DPP,” kata Dadang Ramdhan Kalyubi di DPD Golkar belum lama ini.

Dadang menyebut, peta politik Partai Golkar untuk Pilkada Kota Banjar masih linier dengan koalisi Pilpres tahun 2024, yakni jika koalisi turunan dari pilpres diadopsi linier di Pilkada Banjar, maka Golkar akan bersatu dengan Partau Gerindra, Partai Demokrat, PAN, dan PBB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan