Tesla PHK Lebih dari 3.300 Karyawan di California, Terutama di Bay Area

JABAR EKSPRES – Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di seluruh perusahaan Tesla akan melanda California, dengan 3.332 pekerja di empat kota kehilangan pekerjaan mereka pada bulan Juni.

Perusahaan otomotif yang dipimpin oleh Elon Musk tersebut mengungkapkan waktu dan lingkup PHK dalam pengajuan WARN kepada California pada hari Senin; dokumen semacam itu diperlukan oleh Undang-Undang Pemberitahuan Penyesuaian dan Pemagangan Pekerja dalam kasus PHK massal.

Pemotongan yang dilakukan Tesla paling banyak terjadi di lokasi-lokasi Fremont, dengan 2.267 pemutusan hubungan kerja di sebelas situs kerja. Lebih dari 1.400 di antaranya terkait dengan pabrik mobil massif perusahaan di 45500 Fremont Blvd.

Tesla juga mengumumkan 515 kehilangan pekerjaan di Lathrop di Lembah Tengah, di mana perusahaan menjalankan pusat distribusi suku cadang dan pabrik baterai Megapack. Di Palo Alto, 486 pekerja lainnya akan dipecat, termasuk 237 dari markas rekayasa perusahaan di Page Mill Road. (Markas utama perusahaan adalah sebuah pabrik di Austin, Texas, yang kabarnya akan melihat hampir 2.700 pemutusan hubungan kerja.)

Baca juga: BYD Menjadi Penguasa Pasar Mobil Listrik: Distribusi 3 Juta Unit di Tahun 2023, Menggeser Tesla

Pemotongan pekerjaan juga mencapai California Selatan. Menurut pemberitahuan WARN lainnya, 64 pekerja akan kehilangan pekerjaan mereka di Tesla di Burbank, termasuk 30 dari sebuah diler dan pusat layanan.

Meskipun jumlah pekerjaan di California baru diungkapkan, pemotongan pekerjaan di perusahaan otomotif tersebut telah diharapkan sejak sebuah memo dari Musk mencapai outlet berita Electrek.

“Kami telah melakukan tinjauan menyeluruh terhadap organisasi dan membuat keputusan sulit untuk mengurangi jumlah karyawan kami lebih dari 10% secara global,” kata CEO kepada staf, sesuai dengan outlet tersebut. “Tidak ada yang lebih saya benci, tetapi hal itu harus dilakukan.” Perusahaan tidak memberikan tanggapan atas pertanyaan SFGATE tentang paket pensiun karyawan.

Meskipun lingkup pemutusan hubungan kerja di California muncul pada hari Selasa, Musk memposting di X, membanggakan bahwa perusahaannya telah menciptakan 30.000 lapangan pekerjaan manufaktur di negara bagian tersebut.

Perusahaan otomotif terbesar di dunia, Tesla baru-baru ini menghadapi persaingan ketat di pasar kendaraan listrik. Penjualan telah menurun, dan dalam panggilan pendapatan mereka pada hari Selasa, perusahaan melaporkan penurunan pendapatan sebesar 9% dari tahun sebelumnya. Namun, Musk membangkitkan antusiasme investor dengan pembicaraan tentang model mobil baru yang lebih murah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan