Hadapi Pilkada 2024, KPU Kota Sukabumi dapat Hibah Rp25 Miliar

JABAR EKSPRES  – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, KPU kota Sukabumi dibekali anggaran hibah puluhan miliar untuk melaksanakan kontestasi politik tersebut.

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Basuki, mengungkap bahwa pihaknya kini mendapatkan anggaran hibah Rp25 Miliar untuk melaksanakan tahapan Pilkada 2024.

“Kita sudah bermusyawarah dan membahas dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), KPU Kota Sukabumi dapat anggaran dari APBD Rp 25 Miliar untuk Pilkada 2024,”ujarnya pada awak media di sekretariat KPU Kota Sukabumi pada Selasa (23/4/2024).

Meskipun besaran uang tersebut tak seperti yang diajukan oleh KPU Kota Sukabumi, pihaknya percaya bahwa anggaran itu akan cukup untuk membiayai Pilkada.

Lanjut Basuki, ia memaparkan bahwa selain anggaran dari APBD ada bebera pengeluaran yang nantinya akan dibiayai oleh KPU Jawa Barat untuk perhelatan Pilkada tersebut.

“Kita dapat dari Jabar (untuk Pilkada) pada tahun 2018 itu Rp 15 Miliar, sekarang belum ngasih besaran anggaran yang akan diterima (KPU Kota Sukabumi), Mudah-mudahan tidak jauh dari anggaran 2018,”ucapnya.

Basuki kemudian memberikan rincian, bahwa setidaknya ada 7 komponen yang nantinya akan dibiayai oleh KPU Jawa Barat.

“Ada 7 Komponen yaituh Honorarium PPK dan sekretariat, Honorarium PPS dan Sekretariat, Honorarium PPDP, Pembuatan TPS dan Operasional KPPS, Pemutakhiran Data Pemilih, Tenaga Pendukung Sekretariat PPK, dan Perlengkapan TPS (sebagian),”tutupnya. (RAS).

Writer: Riky Achmad

Tinggalkan Balasan