Indonesia Ukir Sejarah Baru, STY: Saya Sangat Senang

JABAR EKSPRES Usai mehadangan Yordania pada penyisihan grup A, Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkap kunci kebangkitan Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024.

Setelah kalah menyakitkan dengan skor 0-2 pada laga perdana dari tim tuan rumah Qatar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4) lalu, Mental penggawa Garuda Muda sempat jatuh setelah laga tersebut dan STY sebagai pelatih mempunyai pekerjaan rumah besar untuk menatap laga kedua dan laga ketiga.

Pada pertandingan terseut, Garuda Muda kalah 0-2 melalui gol penalti Khalid Ali Sabah dan Ahmed Al-Rawi dengan beberapa keputusan merugikan dari wasit pemimpin laga Nasrullo Kabirov, termasuk proses penalti untuk Qatar dan kartu merah yang didapatkan Ivar Jenner.

Pelatih asal negeri gingseng  itu lalu memotivasi penggawa Garuda Muda untuk segera melupakan kekalahan melawan Qatar untuk menatap laga melawan Australia yang berbuah kemenangan tipis 1-0 berkat gol tunggal Komang Teguh.

BACA JUGA: Ukir Sejarah Baru, Garuda Muda Lolos Perempat Final Piala Asia untuk Pertama Kalinya

“Saya mengatakan kepada anak-anak saya untuk melupakan pertandingan itu, pertandingan pertama yang kami mainkan melawan Qatar. Dan kemudian kita perlu melanjutkan,” kata STY lewat keterangan resmi PSSI, Senin.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan setelah kemenangan melawan Australia “kami mendapatkan kepercayaan diri kami kembali”.

Tampil sebagai tim debutan, Garuda Muda memetik dua kemenangan pada babak penyisihan grup, Grup A Piala Asia U-23 2024 Qatar dengan kemenangan kedua yang dicetak pada laga terakhir saat berpesta melawan Yordania U-23 dengan skor telak 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4).

Empat gol timnas Indonesia U-23 yang dicetak Marselino Ferdinan (23′, 70′), Witan Sulaeman (40′), dan Komang Teguh (86′). Sementara untuk satu gol Yordania dicetak melalui gol bunuh diri Justin Hubner (79′).

BACA JUGA: Ketagihan Menangkan Pertandingan, Marselino Ferdinan Targetkan Sejarah Baru Bersama Indonesia

Setelah mengantarkan timnas senior menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya awal tahun ini, pelatih asal Korea Selatan itu kembali membuktikan kualitasnya dengan membawa level timnas U-23 menembus perempat final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan