6 Amalan Sunnah di Bulan Syawal, Pastikan Jangan Sampai Terlewatkan

JABAR EKSPRES – Setelah Ramadhan berlalu, umat Islam masih disibukkan dengan euforia kemenangan di hari Raya Idul Fitri. Jangan sampai amalan sunnah di bulan Syawal terlewatkan.

Meski sudah tidak berada pada bulan suci Ramadhan, namun masih ada peluang untuk mendapatkan banyak pahala dari amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Syawal.

Hal ini karena Syawal juga termasuk bulan yang istimewa, salah satu yang membuatnya istimewa adalah adanya ibadah yang hanya bisa dilakukan pada bulan syawal.

Baca juga : Berpahala 1 Tahun Puasa, ini Bacaan Niat Puasa Sunah Syawal

Seperti ibadah sunah puasa syawal, yang tidak bisa dilakukan dibulan lain, juga ada beberapa amalan sunah lain yang masih bisa dilakukan pada bulan syawal dan memiliki keutamaan dan pahala yang tidak kalan besar.

BErikut amalan sunnah dibulan Syawal :

1. Puasa Syawal 6 Hari

Puasa sunnah yang satu ini dilakukan selama enam hari, bisa dilakukan secara berurutan atau terpotong-potong dilain hari.

Keutamaan dari puasa yang satu ini, adalah memiliki pahala setara dengan puasa sepanjang tahun.
Hal ini diriwayatkanoleh Abu Ayub Al Anshari, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

“Barang siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun.” (HR Muslim, Imam Ahmad juga meriwayatkan dari hadits Jabir).

2. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis di bulan Syawal juga sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah ra : “Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Bisa juga menggabungkan puasa Senin Kamis dan puasa Syawal diibaratkan seperti niat melakukan sedekah dan silaturahmi.

Jika seseorang menggabungkan dua puasa sunnah, maka akan memperoleh pahala dari keduanya. Oleh karena itu, umat muslim yang mengerjakannya bisa mendapatkan dua manfaat dari dua aktivitas puasa sunnah tersebut.

3. Puasa Ayyamul Bidh

Amalan sunnah di bulan Syawal lainnya adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa sunnah ini dikerjakan setiap tangal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah) setiap bulannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan