Jadwal Puasa Sunnah Syawal, Ayyamul Bidh dan Puasa Senin Kamis di Bulan Syawal 1445 H

JABAR ESKPRES – Setelah berakhirnya bulan Ramadhan, masih ada kesempatan untuk terus mengumpulkan pundi-pundi pahala melalui ibadah sunah di bulan Syawal. Yakni dengan puasa sunah syawal, puasa ayyamul bidh dan puasa senin kamis, yang bisa kamu dapatkan jadwalnya di sini.

Jadwal puasa sunnah Syawal dan Ayyamul bidh bisa kamu dapatkan dalam artikel ini, mumpung masih ada kesempatan di awal bulan.

Puasa sunnah Syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukah khsusu di bulan syawal, puasa ini dilakukan selama 6 hari, bisa secara berurutan atau dijeda, selama masih berada di bulan syawal.

Baca juga : Menjalankan Puasa Syawal Seusai Ramadhan, Ketahui Beberapa Keutamaannya

Ada keitimewaan dari puasa sunnah syawal, yakni bisa dilakukan bersamaan dengan 3 puasa sunah sekaligus, yakni puasa syawal, puasa tengah bulan atau ayyamul bidh juga puasa senin kamis.

Sehingga dalam satu hari puasa bisa meniatkan 3 puasa sekaligus, hal ini merupakan satu keuntungan besar bagi umat muslim.

Dalam salah satu hadis disebutkan:

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

“Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku).” (HR. Muslim)

Untuk bulan Syawal ini ada beberapa moment dalam sehari puasa bisa meniatkan 2-3 puasa sunnah sekaligus & mendapatkan pahala dari ketiganya,

Adapun jadwal puasa sunah syawal yang bisa digabung dengan ayyamul bidh dan puasa senin kamis adalah sebagai berikut :

– Senin 15 April 2024 dan Kamis 18 April 2024 (6 & 9 Syawal) bisa melakukan Puasa Syawal & Senin – Kamis

– Senin 22 April 2024 atau 13 Syawal 1445 Hijriyah, bisa niat Puasa Syawal, puasa Senin dan puasa Ayyamul Bidh.

Baca juga : Hukum Puasa Syawal Dan Qadha Puasa Ramadhan Jika Disatukan

– ⁠Selasa 23 April 2024 hingga 24 April 2024 yang merupakan tanggal 14 dan 15 Syawal bisa meniatkan Puasa Syawal & Ayyamul Bidh

– ⁠Senin 29 April 2024 dan 2 Mei 2024 atau tanggal 20 dan 21 Syawal 1445 Hijriyah, bisa Niat Puasa Syawal dan puasa Senin Kamis

– ⁠Senin 6 Mei 2024 dan 9 Mei 2024 atau tanggal 27 dan 30 Syawal bisa diniatkan untuk Puasa Syawal & Senin – Kamis.

Islam sangat memudahkan bagi hambanya untuk melakukan ibadah, bahkan puasa sunah ini juga diberikan kemudahan, dengan hanya melakukan satu hari puasa bisa mendatangkan 3 pahala puasa sekaligus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan