Lalu Lintas Kota Cimahi Ramai Lancar saat Idul Fitri

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mencatat bahwa arus lalu lintas selama periode H-1 hingga hari H Idul Fitri berjalan lancar. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk, baik yang tinggal di dalam maupun di luar kota, telah melakukan perjalanan mudik jauh-jauh hari sebelumnya.

Menurut Kepala Dishub Kota Cimahi, Ruswanto mengatakan, berdasarkan informasi dari pegawai SKPD, terutama dari bagian kependudukan dan wilayah, sekitar 40% penduduk Cimahi melakukan perjalanan.

“Sehingga bisa dirasakan, saya juga melihat bahwasanya kondisi keramaian disini semakin berkurang dibandingkan sebelumnya,” ucapnya pada Jabar Ekspres saat ditemui di posko pengawasan dan pengaturan lalu lintas di Alun-alun Cimahi, Rabu 10 April 2024.

Dalam menghadapi lalu lintas, Ruswanto memastikan kelancaran perjalanan meskipun dalam kondisi terbatas. Rute ini merupakan jalur bagi para pemudik yang melakukan perjalanan dari arah barat ke timur.

BACA JUGA: Meriahnya Ramadan 2024: Cerita Warga Ikut War Takjil hingga Berebut dengan ‘Bocil’

“Salah satunya seperti yang dari Cianjur mau ke arah Garut, mayoritas pada lewat jalur ini,” bebernya.

Untuk persiapan arus balik, Ruswanto menyatakan, pihaknya telah menyiapkan anggota pengawasan sebagaimana saat arus mudik. Hal ini dilakukan karena arus balik diperkirakan akan berlangsung dalam waktu yang panjang.

“Untuk anggota kita stand by seluruhnya hampir 93 orang, ditambah dengan pendukung logistik dan administrasi jadi kurang lebih 120 anggota,” paparnya.

“Beberapa titik di Cimahi, termasuk di persimpangan Pemkot, Kolonel Masturi, Citeureup, dan Melong, mengalami kemacetan dengan tingkat intensitas yang berkisar antara lima hingga tujuh,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kasi Perparkiran, Cuhaedi mengatakan, hari ini lalu lintas lancar, kecuali saat masyarakat sibuk membeli kebutuhan Lebaran seperti pakaian dan makanan pada H-1 kemarin.

BACA JUGA: Disnaker Kota Cimahi Khawatirkan Naiknya Pengangguran Baru

Cuhaedi menuturkan, menurut pantauannya, lalu lintas di Kota Cimahi saat H-1 mengalami kepadatan yang cukup tinggi.

“Mungkin ada yang mudik, ada yang jalan-jalan. Kalau untuk hari ini mungkin apa yang mereka butuhkan sudah terpenuhi, sehingga lalu lintas landai,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan