H+5 Arus Balik Lebaran di Jalur Mudik Padalarang KBB Ramai Lancar

JABAR EKSPRES – Arus balik pada H+5 lebaran di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpantau ramai lancar, pada Senin (15/4/2024).

Pantauan di Jalur Arteri Padalarang. Kondisi arus balik dari Padalarang menuju Cianjur dan Purwakarta ramai lancar. Kondisi serupa juga terjadi dari arah Cianjur dan Purwakarta menuju Padalarang.

Berdasarkan data dari Dishub Bandung Barat, pada H+5 arus balik lebaran, jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cianjur menuju Bandung sebanyak 18.618.

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Cianjur terpantau lancar. Tercatat, ada 21.247 kendaraan yang melintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Fauzan Azima mengatakan, hingga pukul 14.00 WIB, arus lalu lintas di Jalan Padalarang, KBB saat ini terpantau ramai lancar.

“Puncaknya memang di prediksi hingga hari ini. Tetapi, pemudik lebih memilih melakukan aktifitasnya pada Minggu (14/4/2024) malam,” kata Fauzan, Senin (15/4/2034).

Meski terpantau ramai lancar, diakui Fauzan, kepadatan sesekali terjadi di jalur Tagog Padalarang, dan Ciburuy.

“Kepadatan terjadi di setiap persimpangan, seperti di Tagog dan Rancabali. Setelah petugas mengurai kemacetan, lalu lintas kembali lancar,” katanya.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang hendak keluar dari Gerbang Tol (GT) Padalarang. Petugas kepolisian pun sudah menyiapkan skema pengaturan lalu lintas untuk memecah kepadatan volume kendaraan di ruas Tol Purbaleunyi, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satunya Gerbang Tol Cikamuning disiapkan sebagai pintu keluar untuk mengurai kepadatan volume kendaraan.

“Skema pengaturan lalu lintas itu disiapkan petugas kepolisian untuk mengurai kemacetan di jalur arteri Padalarang,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya sudah menyiagakan personel di jalur arteri untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalur arteri.

“Kita siagakan tim pengurai. Jika terjadi kepadatan di jalur arteri tim akan meluncur ke titik kemacetan untuk mengurainya,” kata Fauzan.

Rekayasa pembuangan di GT Cikamuning ini dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas pada momen arus balik lebaran IdulFitri 1445 Hijriyah.

“Pada intinya kami bersama jajaran kepolisian menyiapkan rekayasa demi kelancaran arus balik,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan