Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Jabar Selama Libur Lebaran

JABAR EKSPRES – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar), mengklaim ada peningkatan jumlah wisatawan selama libur lebaran yang terhitung mulai dari tanggal 5 – 14 April 2024.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengaku, selama periode libur lebaran tersebut, jumlah wisatawan yang berkunjung tercatat menyentuh di angka 391.575 Orang.

“Iya (ada peningkatan) karena ini baru 30 persen DTW (Destinasi Wisata) yang melaporkan,” katanya saat dikonfimasi oleh Jabar Ekspres, Senin (15/4).

Benny mengungkapkan, selama libur lebaran 2024 berlangsung, peningkatan jumlah wisatawan di Jabar terlihat pada tanggal 11 April 2024 atau H+1 lebaran.

“Disitu tercatat jumlah kunjungan (wisatawan) sebanyak 101.306 orang dengan rata-rata kunjungan ke DTW (Destinasi Wiaata) sekitar 2.203 orang,” ucapnya

Sementara itu untuk destinasi wisata yang memjadi favorit atau banyak dikunjungi oleh wisatawan, Benny menyebut ada di 3 tempat seperti salah satuya di Sariater yang berlokasi di Kabupaten Subang.

“Untuk wisatawan tertinggi selama 10 hari (libur lebaran) itu secara berurut seperti di Sariater Kabupaten Subang tercatat ada sekitar 58.985 orang, lalu Pantai Pangandaran 57.885 orang, dan Taman Safari Indonesia ada 55.824 orang (yang berwisata),” ujarnya

Sementara untuk kunjungan wisatawan terendah, Ia mengatakan terjadi dibeberapa tempat seperti salah satunya di Gunung Parang, Kabupaten Purwakarta.

“Wisatawan yang tercatat hanya 29 orang, lalu Wisata Alam Puncak Bintang di Kabupaten Bandung hanya 63 orang, dan Karacak Valley Kabupaten Garut sebanyak 71 orang,” katanya

Meski begitu, Benny menuturkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jabar selama libur lebaran tahun ini akan terus berubah sesuai dengan laporan yang diberikan dari destinasi wisata. “Jadi ini (data laporan wisatawan) dapat berubah sesuai updateting dari destinasi wiaata,” pungkasnya

 

(San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan