Solar Tumpah di Jalan Cadas Pangeran Sumedang, Sejumlah Pengendara Roda Dua Tergelincir

JABAR EKSPRES – Peristiwa pada momentum arus mudik dan balik lebaran 2024, terjadi di area Jalan Cadas Pangeran tepatnya di wilayah Ciherang, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang pada Kamis, 11 April 2024.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, peristiwa yang terjadi yakni adanya muatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang tumpah di area Jalan Cadas Pangeran.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, membenarkan peristiwa tersebut.

“Kecelakaan tersebut disebabkan oleh adanya tumpahan solar di jalan sekitar Cadas Pangeran,” kata Atang melalui seluler, Kamis (11/4).

“Akibatnya, kendaraan yang menuju Bandung di Cadas Pangeran dialihkan melalui Cadas Pangeran Atas untuk menghindari area yang terdampak,” lanjutnya.

Atang menjelaskan, ketika kejadian berlangsung, penanganan untuk membersihkan solar agar tidak membahayakan pengendara dilakukan tim gabungan.

“Tim gabungan dari BPBD, Damkar, PMI, Polisi, TNI dan relawan langsung ke lokasi melakukan penanganan di tempat kejadian,” jelasnya.

Atang menerangkan, upaya pembersihan tergolong membutuhkan sulit, sebab tak bisa sekadar disiram oleh air, mengingat minyak yang tumpah dikhawatirkan masih menyisa di aspal jalan dan membahayakan pengendara karena licin.

“Kita berupaya membersihkan tumpahan solar menggunakan alat penyemprot yang dimiliki oleh BPBD. Penyiraman juga menggunakan sabun agar lebih bersih,” terangnya.

Peristiwa tersebut, ujar Atang, terjadi pada siang hari sekira pukul 11.00 WIB. Akibat kecelakaan tersebut, sejumlah pengendara roda dua mengalami luka akibat tergelincir saat melintasi tumpahan solar.

Kondisi jalan yang licin akibat tumpahan solar juga menjadi perhatian serius bagi pihak berwenang.

Selain menangani korban kecelakaan, tim gabungan juga fokus pada membersihkan dan memulihkan kondisi jalan agar dapat dilewati dengan aman oleh kendaraan lainnya.

“Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan tambahan dan mengurangi gangguan bagi para pengguna jalan saat mudik lebaran,” ujarnya.

“Kami juga mengimbau kepada para pengendara untuk berhati-hati saat melintasi area yang terdampak tumpahan solar,” pungkas Atang. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan