Libur Lebaran: Lembang Mulai Padat Kendaraan

 

JABAR EKSPRES  – Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai terjadi pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Pada H+1 Lebaran Idul Fitri kali ini, kepadatan arus lalu lintas di dominasi oleh kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang dengan melalui akses Jalan Kolonel Masturi dan Setiabudi.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Cimahi Ipda Andriansyah, menyebut, volume kendaraan di wilayah Lembang mengalami kenaikan sebesar 20 persen dari hari biasa. Angka tersebut diprediksi bakal terus meningkat hingga sore nanti karena wisatawan belum sepenuhnya datang naik ke Lembang.

“Arus lalu lintas di jalur wisata Lembang Bandung Barat mulai terjadi kenaikan meski belum signifikan. Catatan kita kenaikan sebanyak 20 persen pada pagi ini,” Ipda Andriansyah di Lembang, Kamis (11/4/2024).

Menurutnya, kenaikan volume kendaraan bukan oleh aktifitas masyarakat yang hendak berlibur melainkan warga lokal yang bersilaturahmi ke rumah saudara ataupun melakukan ziarah kubur.

“Hal itu bisa dilihat dari dominasi kendaraan yang mayoritas datang dari arah Bandung menuju Lembang,” katanya.

“Kenaikan kendaraan ini dari aktivitas silaturahmi dan wisatawan luar daerah yang mulai datang,” tambahnya.

Andriansyah menerangkan pihaknya telah menyiapkan skema penguraian arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan. Mulai dari skema buka tutup gerbang masuk wisata, penebalan petugas di titik rawan macet, hingga rekayasa one way.

“Kita berlakukan buka tutup tenpat wisata, apabila parkiran sudah penuh kita tutup sementara. Selain itu kita akan terapkan CB one way dan penebalan di beberapa titik rawan macet,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan