H+2 Lebaran: Angka Kunjungan Wisatawan di Lembang Masih Landai

JABAR EKSPRES  – Kunjungan wisata ke Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada H+2 libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Hal itu diutarakan oleh Manajer Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto di Lembang. Ia menilai, pada H+2 libur Lebaran ini, masyarakat masih melakukan kegiatan silaturahmi atau tradisi ziarah kubur.

“Belum naik seperti tahun lalu. Pada H+2 ini, tingkat kunjungan wisatawan baru naik antara 10-20 persen dibanding hari biasa,” ujar Iwan, Kamis (11/4/2024).

Menurutnya, puncak kunjungan wisatawan diprediksi akan membludak terjadi pada 12 April 2024 hingga 14 April 2024.

“Angkanya masih sama seperti libur weekend hari biasa yakni 15-20 persen. Kita harap besok sampai Minggu bisa naik,” paparnya.

Iwan menerangkan angka kunjungan wisatawan ke Lembang Park and Zoo pada H-1 hingga H+1 tahun ini masih kalah dibanding Lebaran tahun lalu. Waktu itu jumlah kunjungan hampir mencapai angka 10.000 per hari, tapi kali ini angkanya baru mencapai 2.000.

“Belum kenaikan signifikan. Dibandingkan H+1 Lebaran tahun lalu, kunjungan kali ini masih kalah rame tahun lalu. Tahun 2023, parkiran kita sampai membludak ke jalan, sekarang masih minim,” tambahnya.

Menurutnya, salah satu faktor penyebab angka kunjungan masih lesu karena waktu libur lebih panjang sebelum Lebaran. Sedangkan tahun lalu, waktu libur panjang berada setelah Lebaran. Sehingga momen liburan sudah dipakai sebelum Idulfitri. Sedangkan pasca Idulfitri, masyarakat lebih menghabiskan waktu untuk silaturahmi dan mudik balik.

“Kita berdoa saja sisa waktu libur tahun masih dipakai untuk dateng ke sini. Justru kita khawatir akhir pekan dipakai mudik balik,” tandasnya. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan