Organisasi Kebidanan Beri Kontribusi dalam Pengamanan Mudik Lebaran di Kota Cimahi

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Organisasi kebidanan untuk pertama kalinya turut berkontribusi dalam pengamanan pemudik Lebaran 2024 di Kota Cimahi. Hal ini dilakukan selain dari posko pengamanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota.

Organisasi Profesi Pro Perempuan (OPOR) sebagai bagian dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kota Cimahi kini berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memberikan layanan konsultasi terkait kehamilan, kesehatan bayi, dan kesehatan reproduksi.

Ketua IBI cabang Kota Cimahi, Suciati mengatakan, kegiatan ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri untuk melayani pemudik dan masyarakat yang memerlukan pemeriksaan kesehatan dan edukasi seputar kehamilan serta program keluarga berencana (KB).

“Kami menyediakan obat-obatan dan vitamin untuk membantu pemudik menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama perjalanan jauh,” jelasnya pada Jabar Ekspress saat ditemui di posko kesehatan Dinkes pada Rabu, 10 April 2024.

BACA JUGA: Ziarah Kubur: Tradisi Rayakan Hari Kemenangan

Suciati menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan alat-alat pertolongan persalinan untuk siap siaga menghadapi keadaan darurat, baik terjadi pada pemudik maupun masyarakat sekitar.

“Petugas medis akan memeriksa pemudik atau masyarakat usia kehamilan tua yang mengalami kontraksi, untuk memastikan kondisi kesehatan mereka,” ucap Suciati.

“Jika masih memungkinkan, pasien akan diantar ke rumah sakit atau rumah bersalin bidan terdekat menggunakan mobil ambulans sebagai prioritas,” lanjutnya.

Dia menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinkes untuk meningkatkan kualitas layanan yang disediakan. Lalu, fasilitas layanan melahirkan di dalam ambulance telah disiapkan untuk menangani proses melahirkan.

Kegiatan Posko Opor Bu Bidan baru dilaksanakan tahun ini, namun telah menjadi agenda nasional di seluruh Indonesia. Menurut Suciati, kegiatan ini merupakan agenda yang telah ditetapkan dari pusat hingga ke pengurus daerah, kota, dan kabupaten.

BACA JUGA: Posko Kesehatan dan PMI Kota Cimahi Siap Layani Kesehatan Pemudik

“Organisasi Profesi mengadakan kegiatan Bakti Sosial dengan menggunakan dana dan tenaga kerja internal sebagai wujud pengabdian bidan kepada masyarakat,” ungkap Suciati.

Suciati mengimbau kepada para pemudik, terutama ibu hamil dan keluarga yang membawa balita, untuk mempersiapkan barang bawaan dengan baik. Selain itu, dia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan, terutama di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan