Meriahnya Ramadan 2024: Cerita Warga Ikut War Takjil hingga Berebut dengan ‘Bocil’

“Ada tuh warga Non-Is (Non Islam) yang bikin konten ‘kalian puasa dulu kita beli takjil duluan’. Itu jadinya harmonis, seru aja lucu tapi toleransi beragamanya dapet,” tukasnya yang kini hanya melemparkan senyuman manis.

“Tapi tetep selama Ramadhan aku sering kehabisan jajanan sama bocil-bocil (anak kecil). Sebel tapi bodor juga sampe pernah bilang ke pedagang ‘mang duluin saya, anak-anak belakangan aja’. Mereka diem, pedagang manggut, bodor tapi kasian juga,” imbuh Karina yang disusul oleh tawa terbahak.

Waktu berbuka menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim, untuk menikmati hidangan takjil yang nikmat setelah seharian berpuasa.

Akan tetapi, ternyata hal tersebut juga dijadikan kesempatan bagi komunitas agama lainnya, untuk turut berpartisipasi dalam semangat kebersamaan yang menyelimuti bulan Ramadan.

Dalam suasana yang penuh toleransi dan keberagaman, war takjil atau momen rebutan takjil menjadi ajang yang dapat merangkul seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagi kebaikan dan kebersamaan.

BACA JUGA: Seekor Monyet Acak Dapur dan Curi Ketupat Warga di Cimekar Bandung

Pengalaman serupa diceritakan umat Muslim lainnya, Mita Hendriyani (24), warga Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Dia turut memeriahkan Ramadan dengan mengikuti tren war takjil.

“Sengaja beli karena aku gak kerja jadi gak sempet kalau bikin takjil sendiri, makanya beli biar sat set sat set,” ucapnya sambil tersenyum.

Wanita berkerudung itu mengaku, selalu membeli takjil untuk hidangan awal saat berbuka puasa, karena banyak makanan yang dijual hanya pada bulan Ramadan, seperti kolak hingga rujak cuka.

“Seneng juga beli takjil tuh, soalnya berebutan apalagi udah ketemu bocil banyak jadi musuh war takjil tuh mereka,” bebernya dengan raut wajah ceria.

Mita menjelaskan, berburu atau war takjil ketika menjelang waktu berbuka puasa, memiliki sensasi dan kepuasan tersendiri.

“Pernah pedagangnya lagi sibuk ngeladangin, terus banyak bocil di situ aku ngeborong jajanan karena ada yang nitip juga. Lihat bocil bengong kehabisan kasihan tapi seneng jadi gak apa-apalah,” jelasnya disusul tawa terbahak-bahak.

BACA JUGA: 16 Ribu Napi dan Anak Binaan di Jabar dapat Remisi, 128 Orang Langsung Bebas

Tinggalkan Balasan