Perbaikan Tol Bocimi Dikebut, H+1 Lebaran 2024 Sudah Bisa Dilewati?

JABAR EKSPRES – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau perbaikan Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak KM 64, Selasa 9 April 2024.

Saat melakukan peninjauan perbaikan Tol Bocimi itu, ia berharap bahwa nantinya tol tersebut bisa selesai cepat waktu dan bisa digunakan H+1 lebaran Idul Fitri.

“Jadi mudah-mudahan akan bisa kita fungsikan satu lajur Tol Bocimi pada hari Kamis nanti. Lebaran kan solat besok libur, nanti Kamis kita fungsikan baru setelah itu kita mulai lagi pekerjaannya untuk menyelesaikan yang darurat ini,” ujarnya, Selasa (9/4/2024).

Basuki juga mengungkap bahwa saat ini progres perbaikan tol yang longsor tersebut sudah berada di tahap pemasangan alat penahan longsor.

“Alhamdulillah 45 sheet pile yang di bawah sudah kita pasang semua penahan gerak atau longsornya. Yang di atas kita akan pasang 60 lagi jadi baru sekitar 37. Jam 12 malam mudah-mudahan bisa selesai memasang sheet pile yang di jalan-jalan ini kemudian kita isi supaya bisa menahan badan jalan di jalur B,” terangnya.

BACA JUGA: Cuap Cuan Pak Ogah Kala Tol Bocimi Longsor

Ia memaparkan, jika pemasangan itu bisa di kebut dan selesai malam hari, makan pagi harinya akan dilakukan pembersihan dan jika selesai bisa di jadikan opsi solusi kemacetan saat arus balik nanti.

“Kalau semalam selesai, besok pagi kita akan bersihkan. Hari Kamis sudah bisa satu lajur di fungsikan sebagai cadangan kalau ada kemacetan di jalan nasional baik ke arah Sukabumi maupun ke arah Bogor, pak polisi yang akan mengatur,” jelasnya.

Basuki juga mengklaim, faktor kondisi tanah sudah di anggap stabil dan tidak akan terjadi pergerakan yang mengakibatkan longsor kembali.

“Sudah berhenti (pergerakan tanah) makanya kita pasang sheet pile di bawah, kalau melebar pasti kita ngak akan berani kerja, di bawah ada alat berat juga aman-aman, kita monitor itu,” tutupnya. (RAS)

BACA JUGA: Kondisi Tanah Masih Labil, Tol Bocimi Seksi 2 Cibadak-Cigombong Ditutup

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan