Kecamatan Cimahi Selatan Siapkan 817 Anggota Linmas untuk Amankan Mudik Lebaran

JABAR EKSPRES – Kecamatan Cimahi Selatan melatih 817 anggota Linmas di setiap kelurahan untuk menjaga keamanan selama mudik Lebaran. Mereka dilatih untuk siap bertindak dan memberikan perlindungan kepada masyarakat selama musim mudik, guna menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan tersebut.

Pelatihan rutin diadakan setiap bulan oleh Satpol PP dan Damkar untuk Linmas. Selain itu, pertemuan Linmas dengan Babinsa dan Babinmas diadakan secara teratur setiap bulan di setiap kelurahan dan kecamatan.

“Hanya saja pelatihannya tidak formal seperti yang dilakukan Satpol PP. Kami hanya memberikan pelatihan sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan di masyarakat,” ungkap Plt. Camat Cimahi Selatan, Cepi Rustiawan pada Jabar Ekspress, Selasa 9 April 2024.

Anggota Linmas di sini bertindak sebagai agen Kamtibmas. Cepi menerangkan, mereka bertugas menerima, mengolah, dan mengkoordinasikan laporan serta konsultasi untuk dilaporkan kepada RT dan RW setempat.

BACA JUGA: GM PLN Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik

“Jika diperlukan tindakan lebih lanjut, mereka akan meminta arahan dari Babinsa, Babinmas, atau Polsek sebelum bertindak,” ucapnya.

Berkaitan dengan jadwal pengawasan wilayah, Cepi menuturkan jadwal telah diatur oleh masing-masing RW. Namun, pihak tertentu memberikan masukan mengenai titik-titik rawan yang memerlukan penambahan anggota Linmas.

“Kami telah menetapkan beberapa titik rawan di lingkungan kami, di mana kehadiran anggota Linmas sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” ujar Cepi.

Bersama Danramil dan Kapolsek secara rutin melakukan kegiatan Monitoring Siskamling minimal sekali sebulan. Menurut Cepi, kegiatan ini meliputi koordinasi dengan pihak kelurahan untuk membahas masalah-masalah di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA: Mudik 2024 : Hingga Hari Ini, 125 Ribu Orang Tinggalkan Bandung dengan Kereta Api

“Setiap RW berupaya mencari solusi bersama, bertukar informasi, dan mencari jalan keluar untuk menangani permasalahan yang terjadi,” kata Cepi.

Ia melanjutkan, bersama para Lurah di Kecamatan Cimahi Selatan, akan mengumpulkan anggota Linmas untuk persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri, seperti yang dilakukan sebelumnya.

“Kita mengadakan apel siaga untuk keamanan dan ketertiban masyarakat di 5 kelurahan se Kecamatan Cimahi Selatan,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan