Audit Dana Kampanye, Komeng Hanya Keluar Rp 940 Ribu, Calon DPD Ini Keluar Duit Banyak tapi Keok

JABAR EKSPRES – Komedian Alfiansyah Komeng berhasil merebut kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan suara tertinggi dari Dapil Jabar. Ternyata ia juga tidak banyak mengeluarkan dana untuk kampanye.

Itu terlihat dari hasil audit Laporan Dana Kampanye (LDK) yang dilakukan KPU Jabar. Dari hasil audit itu, Komeng hanya memiliki pengeluaran sebesar Rp 940 ribu. Sementara untuk penerimaan dana kampanyenya tercatat di angka Rp 25,4 juta.

Dengan modal itu, Komeng berhasil menjadi jawara perebutan kursi di Jabar. Perolehan suaranya fantastis, yang lain makin ketinggalan. Ia berhasil mengantongi 5.399.699 suara.

BACA JUGA: Posko Kesehatan Alun-Alun Cimahi Siap Layani Pemudik dengan Fasilitas Medis Lengkap

Urutan kedua, kursi DPD RI dari Dapil Jabar dimiliki A Anya Rina Casmayanti yang berhasil mendapat 1.976.561 suara. A Anya sendiri memiliki pengeluaran dana kampanye yang cukup besar dibanding Komeng. Yakni Rp 11,450 juta.

Posisi ketiga ditempati model dan artis lawas Jihan Fahira. Ia berhasil mengantongi 1.823.907 suara. Dari sisi modal, Jihan mencatatkan pengeluaran sebesar Rp 19,890 juta.

Sementara posisi keempat adalah Agita Nurfianti dengan perolehan 1.168.837 suara. Agita mencatatkan pengeluaran yang juga sedikit. Hanya Rp 703 ribu.

BACA JUGA: Audit Dana Kampanye, Golkar Pengeluaran Tertinggi di Jabar, 3 Parpol Tidak Patuh

Dalam perebutan kursi DPD RI Dapil Jabar itu terlihat sejumlah calon memiliki pengeluaran yang cukup fantastis. Namun ternyata hasilnya tidak linear dan tumbang tidak mendapatkan kursi.

Misalnya Ifa Faizah Rohmah yang tercatat dalam laporan hasil audit memiliki pengeluaran Rp 660 juta. Hasilnya, Ifa hanya mengantongi 593.202 suara.

Kemudian Imam Sugiarto yang tercatat pengeluarannya mencapai Rp 274 juta. Namun ia hanya mengantongi 29.895 suara. Ataupun Hendrik Kurniawan yang memiliki pengeluaran Rp 273 juta tapi hanya mengantongi 156.768 suara.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan