Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri, Jangan Sampai Malu Karena Salah Gerakan

JABAR EKSPRES – Sholat Idul Fitri yang hanya dilakukan sekali dalam setahun memiliki tata caranya yang khusus. Bagi yang belum mengetahuinya, perlu mempelajari terlebih dahulu agar tidak sampai salah gerakan dan memalukan.

Terlebih lagi Sholat Idul Fitri yang merupakan sholat sunnah ini, dilakukan secara berjamaah ditempat yang bisa menjangkau banyak orang.

Sebagaimana sholat sunah 2 rakaat, namun Sholat Idul Fitri ada yang membedakan dengan sholat sunah pada umumnya, Sholat Idul Fitri memiliki takbir yang cukup banyak, yakni 7 kali takbir di rakaat pertama dan 5 kali takbir dirakaat kedua.

Baca juga : Contoh Naskah Khutbah Idul Fitri 2024 Tentang Empat Karakter Tanda-tanda Ketakwaan

Sholat yang dilakukan pada tanggal 1 Syawal setiap tahunnya ini dapat dilakukan selepas terbit matahari hingga tergelincirnya waktu dzuhur tiba.

Melansir dari laman nu.or.id, ada beberapa ketentuan dalam sholat idul fitri, sebagaimana yang tercantum dalam kitab Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, sebagai berikut.

1. Terdiri atas dua rakaat

Berdasarkan perkataan Sayyidina Umar RA.

‘Shalat Idul Adha dua rakaat. Shalat Idul Fitri dua rakaat. Shalat safar dua rakaat. Shalat Jumat dua rakaat, sempurna tanpa qashar (yang disampaikan) melalui lisan nabimu SAW. Sungguh, sia-sialah orang yang mengada-ada, Imam An-Nawawi, Kitab Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah: 2010 M, juz V, halaman 18

Secara umum, bacaan sholat idul fitri dan tata caranya tidak jauh beda dengan sholat pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah kesunahan membaca takbir, tasbih, tahmid serta surat-surat khususnya.

Sholat idul fitri dilakukan sebanyak dua rakaat satu salam. Setelah itu, khatib akan membacakan teks khutbah di hadapan banyak jamaah. Untuk lebih lengkapnya, simak bacaan dan tata cara sholat idul fitri berikut ini.

Adapun Bacaan niat untuk Sholat Idul Fitri, adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini sunnatan li’idil fitri (ma’muman/imaman) lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah idul fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Sholat Idul Fitri :

– Takbiratul Ihram di Sholat Idul Fitri

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan