Mengantuk Bisa Membuat Anda Merasa Lebih Tua dari Usia Sebenarnya? Berikut Hasil Penelitiannya

Saturasi tidur melibatkan dua hari dengan sembilan jam di tempat tidur setiap malam, mensimulasikan durasi tidur yang ideal, sedangkan pembatasan tidur melibatkan dua hari dengan hanya empat jam di tempat tidur per malam, meniru deprivasi tidur akut.

Partisipan mematuhi jadwal tidur yang ditugaskan di rumah mereka sendiri, menjaga diary tidur dan memakai aktigraf untuk memonitor pola tidur dan aktivitas fisik selama tujuh hari menjelang kunjungan laboratorium. Dua malam terakhir dari periode ini didedikasikan untuk kondisi tidur (entah itu saturasi tidur atau pembatasan tidur).

Partisipan merasa secara signifikan lebih tua — rata-rata 4,44 tahun — setelah mengalami pembatasan tidur dibandingkan ketika mereka memiliki tidur yang cukup. Efek ini secara langsung berkorelasi dengan peningkatan dalam kantuk, karena skor KSS yang lebih tinggi dikaitkan dengan perasaan lebih tua. Temuan tersebut menyoroti efek langsung dari hanya dua malam tidur yang berkurang pada persepsi usia subjektif, menunjukkan bahwa deprivasi tidur dengan cepat mempengaruhi bagaimana individu merasa muda atau tua.

Peneliti juga menemukan bahwa kronotipe berinteraksi dengan kondisi tidur untuk mempengaruhi usia subjektif. Khususnya, tipe pagi mengalami peningkatan usia subjektif yang lebih besar setelah pembatasan tidur dibandingkan dengan tipe malam, menunjukkan bahwa dampak deprivasi tidur pada usia subjektif dapat bervariasi tergantung pada preferensi tidur-bangun alami individu.

Di antara kedua studi cross-sectional dan eksperimental, merasa sangat waspada dikaitkan dengan merasa sekitar 4 tahun lebih muda dari usia sebenarnya, sementara kantuk ekstrem dikaitkan dengan merasa sekitar 6 tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

“Inilah berarti bahwa berpindah dari merasa waspada menjadi mengantuk menambahkan mencengangkan 10 tahun ke usia yang dirasakan seseorang,” jelas Balter.

Meskipun studi tersebut menyoroti peran signifikan tidur dalam merasa muda, ada beberapa keterbatasan yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, penelitian ini berfokus pada durasi tidur dan kantuk tetapi tidak secara ekstensif mengeksplorasi dimensi lain dari kesehatan tidur, seperti kualitas tidur atau kelelahan. Selain itu, pengaruh variasi musiman terhadap tidur dan usia subjektif tidak sepenuhnya ditangani.

Tinggalkan Balasan