Efek Psikologis Kesepian: Bagaimana Kesepian Mempengaruhi Kepribadian

Baca juga: Anak-anak Korban Penganiayaan Cenderung Memiliki Volume Otak Lebih Kecil 

Studi ini menggunakan pendekatan statistik yang canggih – model panel silang acak – untuk membedakan hubungan antara variabel-variabel ini dari waktu ke waktu. Metode ini memungkinkan Joshanloo untuk membedakan pengaruh kepribadian pada kesepian dan sebaliknya, baik pada tingkat individu maupun kelompok.

Perasaan kesepian ditemukan dapat memprediksi penurunan dalam tiga ciri kepribadian kunci: ekstroversion, kesantunan, dan kesungguhan. Ini menunjukkan bahwa mengalami kesepian secara bertahap dapat mengikis keterbukaan sosial kita, keramahan, dan disiplin dengan cara kita mendekati kehidupan sehari-hari.

Di sisi lain, ciri neurotisisme – kecenderungan terhadap keadaan emosional negatif – menonjol sebagai prediktor signifikan dari peningkatan kesepian di masa depan. Temuan ini menunjukkan hubungan siklikal di mana tingkat neurotisisme yang lebih tinggi dapat menyebabkan perasaan kesepian yang lebih besar, yang pada gilirannya, dapat memperkuat kecenderungan neurotisisme.

“Mengalami peningkatan tingkat kesepian terkait dengan penurunan ekstroversion, kesantunan, dan kesungguhan di masa depan,” kata Joshanloo kepada PsyPost. “Ini menunjukkan bahwa tingkat kesepian yang berkurang mungkin tidak hanya meningkatkan koneksi sosial kita, tetapi juga memfasilitasi pertumbuhan pribadi positif dengan meningkatkan ciri-ciri yang diinginkan.

“Temuan lain adalah bahwa perubahan yang tidak diinginkan dalam ciri seperti peningkatan neurotisisme atau penurunan kesungguhan dan keterbukaan untuk pengalaman dapat menyebabkan kesepian yang lebih besar di masa depan. Di sisi lain, perubahan positif dalam ciri kepribadian dapat berfungsi sebagai buffer pelindung terhadap kesepian di masa depan.”

Penelitian ini juga menyoroti peran signifikan dari emosi negatif dalam dinamika ini. Afek negatif – pada dasarnya, pengalaman emosi negatif seperti kesedihan atau kemarahan – ditemukan sebagai prediktor dan konsekuensi kesepian dan neurotisisme. Ini berarti bahwa tidak hanya perasaan buruk dapat menyebabkan perasaan kesepian, tetapi perasaan kesepian juga dapat membuat kita lebih rentan terhadap perasaan buruk di masa depan, menciptakan siklus sulit dari kesulitan emosional dan isolasi.

“Dalam studi ini, saya memperhitungkan fakta bahwa kesepian seringkali disertai dengan emosi negatif,” jelas Joshanloo. “Mengejutkan, bahkan setelah mengontrol afek negatif, banyak asosiasi antara ciri kepribadian dan kesepian tetap signifikan. Ini menunjukkan bahwa kesepian memengaruhi kepribadian kita dengan cara yang melebihi hanya merasa buruk. Ada sesuatu yang unik tentang pengalaman kesepian yang memiliki konsekuensi yang berkelanjutan.”

Tinggalkan Balasan