Puncak Arus Mudik KBB Diprediksi Nanti Malam

JABAR EKSPRES – H-3 mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, arus lalu lintas di kawasan Simpang Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpantau ramai lancar pada Minggu, 7 April 2024.

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres di lokasi pukul 15.00 WIB, dari arah Bandung-Cianjur ataupun sebaliknya tidak terlihat kepadatan atau kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (Dishub KBB), Fauzan Azima mengatakan, hingga saat ini arus lalu lintas ramai lancar terkendali.

“Masih lancar terkendali, tapi pada Lebaran 2024 ini puncak arus mudik diperkirakan terjadi hingga 8 April mendatang,” kata Fauzan di Padalarang, Minggu (7/4).

Kendati masih ramai lancar, Fauzan menegaskan, H-3 Lebaran 2024 akan menjadi periode awal puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Pasar Cimol Gedebage Dibanjiri Pembeli

“Pergerakan kendaraan pemudik baik dari Cianjur maupun dari Purwakarta sejak pagi hari sudah terpantau melintas ke arah timur,” ucapnya.

Ia menambahkan, jalur arteri Jalan raya Padalarang-Cianjur terpantau dilintasi kendaraan roda empat maupun roda dua dari wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

“Sementara arus kendaraan dari Jalan Raya Padalarang-Purwakarta didominasi oleh pemudik kendaraan roda dua dari wilayah Karawang, Cikampek, dan Purwakarta,” ujarnya.

“Kendaraan roda empat dari arah Jakarta mereka lebih memilih menggunakan jalur Tol Cipularang. Jadi jalur arteri dari arah Purwakarta didominasi oleh pemudik motor,” sambungnya.

BACA JUGA: DBD di KBB Kian Menggigit, 12 Orang Regang Nyawa

Ia menegaskan, untuk kendaraan roda empat dari arah Cianjur yang masuk Tol Padalarang mayoritas para pemudik yang menuju ke arah Priangan Timur dan Jawa Tengah.

“Kita siagakan personel yang siap mobile di pos-pos kemacetan. Bila mana ada penumpukan kendaraan, petugas akan meluncur ke titik kepadatan untuk mengurai,” tuturnya.

Sementara itu seorang pemudik pengguna motor, Yudi (33) mengatakan, dirinya memilih melakukan perjalanan mudik pada siang hari lantaran kondisi arus lalu lintas lancar.

“Saya mudik ke Cianjur, mudik ini jadi rutinitas saya dan keluarga setiap tahun. Memilih perjalanan mudik siang hari karena jarang macet,” katanya. (Wit)

BACA JUGA: Ratusan Peserta Mudik Gratis Program Dishub KBB Siap Diberangkat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan