Upaya Perkuat Kerukunan antar Umat Beragama, Gereja Katolik St. Ignatius Cimahi Bagikan Takjil

JABAR EKSPRES – Gereja Katolik St. Ignatius Cimahi telah membagikan paket sembako kepada masyarakat Kota Cimahi untuk membantu mereka berbuka puasa. Aksi ini menyasar warga yang berada di sekitar wilayah yayasan St. Dominikus dan tiga lokasi lainnya pada, Jumat 5 April 2024.

Paroki St. Ignatius telah menggelar kegiatan “Bela Rasa Ramadan” untuk kelima kalinya. Kegiatan ini bertujuan untuk berbela rasa, menunjukkan kepedulian dan kasih kepada sesama yang sedang berpuasa.

Menurut Ketua Pelaksana Bela Rasa Ramadan, Nesti Endrarni mengatakan Tali persaudaraan semakin kuat karena keberagaman yang sangat kentara.

“Jadi semoga dengan adanya bela rasa Ramadan ini, ikatan diantara umat beragama di Cimahi lebih baik lagi,” ucapnya pada Jabar Ekspress saat ditemui usai pembagian sembako di yayasan St. Dominikus.

Kerukunan antar umat beragama menjadi tujuan utamanya. Nesti mengatakan, mendapat tanggapan positif dari komunitas non-Katolik yang selalu menanyakan jadwal acara ini.

“Yang diterapkan untuk mendidik toleransi hanya satu yaitu cinta pada sesama,” ujarnya.

“Dari hal yang sepele, memberikan sekedar takjil dan makanan itu sudah bentuk dari cinta pada sesama,” tambah Nesti.

Nesti mengungkapkan pesan kepada umat Muslim sehubungan dengan perayaan hari besar keagamaan yang bertepatan dengan Tri Hari Suci Paskah. Perayaan tersebut termasuk Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Minggu Paskah, yang berlangsung dalam waktu yang berdekatan dengan perayaan lebaran umat Islam.

“Pesan buat umat muslim,saya berharap dari hal yang kecil, dari cinta kasih kami semoga bisa di terima dengan ikhlas dan penuh makna yang dalam,” tandasnya.

Sementara itu menurut salah satu umat muslim yang diundang dalam acara tersebut, Farida Hanum Lestari mengatakan sangat terharu dengan diadakannya kegiatan tersebut, karena menurutnya bagi umat minoritas namun memprioritaskan unat muslim.

“Saya merasa sangat terharu. Saya menganggapnya sebagai momen yang istimewa karena meskipun kami sebagai minoritas dalam penyelenggaraan acara tersebut, kami tetap memprioritaskan kebutuhan mayoritas yang mengikuti agama Islam di lingkungan kami,” ucap Wakil DKC Cimahi tersebut.

Sebelumnya, Farida telah berbincang dengan rekannya mengenai pendidikan si Santo Dominikus, yang menunjukkan ajaran tentang kesederhanaan dan berbagi, yang sangat luar biasa.

Writer: Firman Satria

Tinggalkan Balasan