Rizky Juniansyah Geser Posisi Rahmat Erwin, Amankan Tiket Olimpiade 2024 Paris

Jabar Ekspres – Rizky Juniansyah, Lifter andalan Indonesia dipastikan mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 Paris mewakili Indonesia usai meraih emas di ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Dilansir dari laman resmi IWF melalui Antara, Rizky Juniansyah mengalahkan lifter andalan China, Shi Zhiyong yang memperoleh perak dengan total angkatan 356 kg sedangkan peraih medali emas asal Indonesia yang turun di nomor 73 kg meraih total angkatan 365.

Lifter berusia 20 tahun tersebut tampil gemilang dalam ajang kualifikasi terakhir Olimpiade tersebut dengan mencatatkan angkatan snatch 164 Kg, angkatan clean & jerk sebesar 201 kg. Dari segi angkatan, Rizky hanya kalah dari angkatan snatch Shi Zhiyong yang mampu mencatatkan angkatan snatch 165 kg.

Setelah memenangkan pertangdingan tersebut, Rizky berhasil melampaui total angkatan milik Rahmat Erwin Abdullah dalam daftar persaingan peringkat kualifikasi Olimpiade XXXIII/2024 di Paris, Prancis.
Rizki dan Rahmat Erwin merupakan dua lifter terbaik andalan Indonesia di kelas 73kg. Keduanya harus bersaing karena di Olimpiade Paris setiap negara hanya diperbolehkan mengirim satu wakil di masing-masing kelas.

BACA JUGA: Taufik Hidayat jadi Mentor Jojo dan Ginting Jelang Olimpiade

Secara sistematis, Rizky mengamankan tiket otomatis ke Paris mewakili Indonesia karena mengalahkan rekan senegaranya, Rahmat Erwin Abdullah yang finish di urutan ketiga dengan total angkatan 355 kg. Dalam peraturan Olimpiade, hanya satu atlet senegara yang dapat dikirimkan ke dalam satu nomor lomba angkat besi.

“Memang kalau dilihat secara atletnya kita sudah ada empat yang lolos kualifikasi kebetulan di dua nomor yang sama. Jadi karena peraturan Olimpiade yang baru untuk nomor yang sama kita hanya bisa mengirimkan satu atlet,” ujar Ketua Umum PABSI Dikutip Jabar Ekspres dari Antara (26/03).

“Tapi masih ada atlet-atlet (di nomor) lain yang berpotensi yang bisa bertanding di Olimpiade harapannya kita bisa berprestasi secara maksimal di Kualifikasi ini,” tambahnya.

Selain Rizky Juniansyah, yang turun di nomor 73 kg, dinomor 67 Kg tim Merah Putih juga berpeluang untuk menambah tiket menuju Olimpiade melalui kontingen angkat besi lewat lifter Mohammad Yasin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan