Lulus Cumlaude, Kombes Pol Yade Setiawan Ujung Raih Gelar Doktor di Universitas Padjadjaran

“Dengan adanya temuan ini, maka ternyata ada elemen lain dalam kebijakan publik agar objektif dalam perumusan kebijakan dapat dicapai yaitu elemen Pro Aktif,” ungkapnya.

“Tanpa adanya pendekatan Pro Aktif dari Polri untuk turun door to door serta masifnya kampanye terkait efektivitas vaksinasi, maka partisipasi publik tidak akan setinggi yang diharapkan,” tandasnya.

“Selain itu, perubahan kebijakan yang responsif ini mengindikasikan adanya proses evaluasi yang dilakukan Polri khususnya Polrestabes Bandung secara dinamis dengan temuan di lapangan,” katanya.

Yade Setiawan Ujung menjelaskan, Polrestabes Bandung memprioritaskan program vaksinasi dalam operasi Aman Nusa II sebagai bentuk pelaksanaan instruksi langsung dari Pemerintah Pusat.

“Temuan ini berimplikasi pada elemen dalam model kebijakan publik yanh selama ini disepakati para Scholar Administrasi Publik seperti Dye (2013), Thedoulou (1995), Dunn (2003), dan Patton (1993),” jelasnya.

Elemen tersebut adalah perumusan kebijakan, formulasi kebijakan, implementasi kebijakan dan evakuasi kebijakan, kata Yade Setiawan Ujung.

“Dengan adanya temuan ini, maka ternyata ada elemen lain dalam kebijakan publik agat objektif dalam perumusan kebijakan dapat dicapai yaitu elemen Pro Aktif,” ungkapnya

Menurutnya, Tanpa adanya pendekatan Pro Aktif dari Polri untuk turun door to door serta masifnya kampanye terkait efektivitas vaksinasi, maka partisipasi publik tidak akan setinggi yang diharapkan.

“Selain itu, perubahan kebijakan yang responsif ini mengindikasikan adanya proses evaluasi yang dilakukan Polri khususnya Polrestabes Bandung secara dinamis dengan temuan di lapangan,” katanya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan