Kapan Datang Malam Lailatul Qadar? Dan Amalan Apa yang Sebaiknya Dilakukan, Berikut Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Malam Lailatul Qadar tidak akan ada yang tahu kapan datangnya, dan hanya orang-orang terpilih yang bisa mendapatkannya.

Malam Lailatul Qadar  disebut juga malam seribu bulan, merupakan malam yang istimewa dimana orang yang mendapatkannya akan dihapus dosa-dosanya, demikian juga dosa kedua orangtuanya.

Dilansir dari banyak sumber, ada beberapa keutamaan dari malam istimewa tersebut, diantaranya :

– Malam penentuan takdir manusia.
– Malam penuh kemuliaan.
– Malam yang sempit karena bumi dipenuhi malaikat.
– Malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
– Malam yang penuh berkah.
– Malam penuh kesejahteraan tanpa hukuman dan siksa.

Baca juga : Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar Ramadhan 2024, Ini Menurut Hadits

Lalu kapan malam istimewa tersebut datang? Dari banyak referensi menyebutkan bahwa malam istimewa ini datang di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, khususnya di tanggal ganjil, yakni malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan.

Karenanya banyak yang sengaja melakukan i’tikaf pada malam-malam ganjil tersebut untuk menjemput Lailatul Qadar.

Selama i’tikaf, ada beberapa amalam yang bisa dilakukan, dilansir dari laman baznas.go.id, berikut diantaranya :

1. Shalat Tahajud

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur. Shalat tahajud pada malam tersebut memiliki pahala yang besar.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam istimewa ini  merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Banyak orang menghabiskan malam ini dengan membaca Al-Quran dari awal hingga akhir.

3. Berzikir dan berdoa

Berzikir dan berdoa merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berzikir dan berdoa, umat Muslim dapat memohon ampunan, keberkahan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

Baca juga ; Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2024? Begini Penjelasannya

4. Berinfak dan bersedekah

Berinfak dan bersedekah  juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berinfak dan bersedekah, umat Muslim dapat membantu sesama dan memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

5. Mengikuti kegiatan keagamaan

Mengikuti kegiatan keagamaan pada malam Lailatul Qadar juga sangat dianjurkan. Banyak masjid dan lembaga keagamaan yang mengadakan kegiatan khusus pada malam ini, seperti ceramah dan kajian agama.

Itulah amalan-amalan yang bisa dilakukan saat i’tikaf pada Malam Lailatul Qadar, agar mendapatkan semua keutamaan yang dijanjikan Allah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan