Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar Ramadhan 2024, Ini Menurut Hadits

JABAR EKSPRES – Berikut adalah tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar menurut hadits.

Malam Lailatul Qadar, tak bisa dipastikan kedatangannya, namun tanda-tanda kehadirannya dijelaskan dalam beberapa hadits.

Mengapa Lailatul Qadar tidak bisa dipastikan kapan datang? Alasan mengapa tidak mungkin menetapkan kapan tepatnya Lailatul Qadar akan terjadi adalah karena jika tanggal pastinya diumumkan, banyak orang mungkin akan beribadah secara intensif hanya pada tanggal tersebut dan kemudian kurang bersemangat dalam beribadah setelah tanggal tersebut berlalu.

Oleh karena itu, salah satu hikmah dari tidak mengungkapkan tanggal pasti mengenai Lailatul Qadar adalah untuk mendorong umat Islam agar terus beribadah, mencari rahmat, dan mencari keridhaan Allah kapan pun dan di mana pun, tanpa harus bergantung pada satu hari tertentu.

Dilansir dari laman Islam NU Online, hadits yang diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan:

Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan. (HR. Bukhari).

BACA JUGA: Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2024? Begini Penjelasannya

Tanda-Tanda Kedatangan Lailatul Qadar

Berikut tanda-tanda kehadiran Lailatul Qadar yang dapat umat Islam ketahui:

  1. Pada hari tersebut, matahari bersinar dengan kehangatan yang tidak terlalu menyengat, namun udara sangat sejuk, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
  2. Pada malam harinya, langit terlihat cerah tanpa awan, dengan suasana yang tenang dan hening, tidak terlalu dingin atau panas. Hal ini berdasarkan riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Dalam Mu’jam at- Thabari al-Kabir disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Malam Lailatul Qadar itu langit bersih, udara tidak dingin atau panas, langit tidak berawan, tidak ada hujan, bintang tidak nampak dan pada siang harinya matahari bersinar tidak begitu panas.”

BACA JUGA: 4 Amalan Terbaik Malam Lailatul Qadar Menurut Sunah Nabi, Lengkap Doanya

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan