Pemilu 2024 Selesai, Panwascam Cimanggung Sumedang Sebut Partisipasi Pemilih Capai 89,9 Persen

JABAR EKSPRES – Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 telah usai diselenggarakan. Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cimanggung, pastikan segala tahapan berjalan lancar.

Ketua Panwascam Cimanggung, Ajang Tayudin mengatakan, pihaknya telah memastikan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) hingga Pemilihan DPD, yang telah diselenggarakan pada 14 Februari 2024 lalu, berjalan sukses tanpa ekses.

“Alhamdulillah dengan jumlah partisipasi pemilih mencapai 89,9 persen,” kata Ajang di Kantor Panwascam Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu (30/3).

Menurutnya, wilayah Kecamatan Cimanggung yang berjumlah 11 desa, memiliki Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 262, dengan total pemilih sebanyak 66.543 orang.

“Alhamdulillah juga, ini sebuah perubahan yang sangat baik. Karena sebelumnya tidak pernah mencapai pemilih seperti sekarang ini,” ujar Ajang.

Dia menjelaskan, apabila melihat data pada Pemilu sebelumnya, wilayah Kecamatan Cimanggung partisipasi pemilih itu sebanyak 76 persen.

Ajang melanjutkan, kemudian meningkat jadi 82 persen hingga sekarang ini mencapai 89,9 persen alias hampir meyentuh angka 90 persen.

“Terkait dengan pemungutan dan penghitungan suara, kita melakukan pengawasan terhadap seluruh TPS bersama dengan PTPS yang ada,” jelasnya.

Ajang menerangkan, anggota Panwascam Cimanggung sudah menjalankan tugas dan kewajiban, yang berkaitan dengan setiap proses tahapan Pemilu hingga berjalan lancar.

“Bukti bahwa di Kecamatan Cimanggung tidak ada sengketa atau perselisihan sesama peserta Pemilu, adalah semua peserta Pemilu yang diwakili oleh para saksi yang ikut menyaksikan kegiatan rekapitulasi itu menerima,” terangnya.

Ajang mengakui, tidak ada yang keberatan terhadap hasil Pemilu, setiap tahapan berjalan kondusif dan lancar.

“Bahkan setelah itu kita juga saling salam-salaman, saling support, saling menguatkan tentunya,” bebernya.

Ajang menyampaikan apresiasi, kepada seluruh warga Kecamatan Cimanggung serta stakeholder terkait, yang telah berama-sama mensukseskan Pemilu 2024.

“Tentu ini bukan kerja saya secara sendiri, tetapi ini adalah kerja kolektif, bukan hanya penyelenggara atau kami sebagai pengawas, tetapi juga ini didukung oleh seluruh masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi,” imbuhnya.

Ajang berpesan, agar seluruh masyarakat yang memiliki kesadaran supaya menjadikan Pemilu ini sebagai momentum perubahan.

“Harapan besar ke depan dan mudah-mudahan itu terwujud, kemudian sukses bagi masyarakat Cimanggung,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan