Rotasi Ramadan Season 4: Bersama-sama Menolak Paham Radikalisme

JABAR EKSPRES – Puluhan pemuda dan mahasiswa perwakilan Kecamatan Pameungpeuk, Arjasari, Banjaran, Cimaung, dan Pangalengan mengikuti kegiatan Ruang Obrolan Terbuka Asyik di Bulan Ramadan (Rotasi Ramadan) season 4.

Acara ini berlangsung di Taman Soreang, Jalan Cebek, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu 30 Maret 2024 diinisiasi oleh Pemuda Sapu Bersih Hoaks ini, masih mengangkat tema Ngaso Bari Sila (Ngawangkong Soal Bahaya Radikalisme dan Situasi Wilayah) dengan skema talkshow seru dan menarik.

Ketua pelaksana kegiatan, Ikrima Qolbiyah, berharap acara ini menjadi ajang untuk sama-sama menolak paham radikalisme dan intoleran.

Menurutnya, menghadapi zaman pesatnya arus digital dan informasi yang dibarengi juga dengan maraknya isu-isu informasi dalam bahaya paham radikalisme, pemuda perlu bijak dalam memfilterisasi dan bijak memilah memilih informasi.

“Tantangan masyarakat pada zaman saat ini yaitu menahan jarinya untuk tidak menyebar informasi yang belum tervalidasi, sebab di lapangan informasi negatif lebih mudah terakses daripada positifnya,” ujar ikrima.

Menurutnya peran pemuda saat ini penting sebagai penentu berhasilnya mencapai Indonesia Emas 2045.

“Harapan digelar kegiatan ini bisa meluas untuk menjaring dan menghimpun potensi pemuda yang diadakan secara roadshow dari satu daerah ke daerah lainnya. Kegiatan ini bisa menjadi ruang peningkatan nutrisi keintelektualan dan pengaktualisasian pemuda dalam menangkal bahaya radikalisme dan intoleran,” kata Raka Pratama, Pengurus Pemuda Saber Hoaks.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Supriadi, Ghina Nurhasanah dari Pegiat Media dan Rifki Fauzi Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung turut menjadi narasumber dalam acara itu.

Kegiatan ditutup dengan aksi deklarasi bersama pemuda dan mahasiswa untuk bersama-sama menolak paham radikalisme serta intoleran.

Tinggalkan Balasan