Hidangan Khas Lebaran yang Legendaris Dari Berbagai Daerah di Indonesia

JABAR EKSPRES – Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim. Terutama pecinta kuliner, karena akan dimanjakan dengan berbagai hidangan khas lebaran yang legendaris.

Masing-masing daerah memiliki sajian khas lebaran legendaris yang berbeda, biasanya disesuaikan dengan tradisi yang sudah turun temurun diikuti dari nenek moyangnya.

Baca juga : 11 Kebutuhan Penting Untuk Rayakan Idul Fitri yang Harus Dipersiapkan Dari Sekarang, Siap-siap Diceklist

Tradisi ini sekaligus menjadi salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang sangat sayang jika sampai hilang.

Ditengah gempuran berbagai macam kuliner dari luar negeri, yang kini mulai banyak ditemukan di Indonesia bahkan hingga ke pelosok tanah air, namun saat momen lebaran, selalu ada sajian khas yang dinanti-nantikan, dan biasanya akan susah ditemukan di momen lain.

Berikut beberapa hidangan menu khas Hari Raya Idul Fitri yang legendaris dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Opor Ayam (Jawa Tengah)

Opor ayam adalah hidangan khas Jawa Tengah yang terbuat dari potongan ayam yang dimasak dalam kuah santan kental yang kaya rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, serai, dan bawang merah. Opor ayam biasanya disajikan bersama dengan ketupat atau lontong.

2. Rendang (Padang, Sumatra Barat)

Rendang merupakan masakan daging yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah hingga kuahnya mengental dan bumbunya meresap sempurna ke dalam daging. Masakan ini biasanya disajikan sebagai hidangan istimewa pada hari raya Idul Fitri di banyak rumah di Indonesia.

3. Gulai Kambing (Minang, Sumatra Barat)

Gulai kambing adalah hidangan khas Minang yang terbuat dari potongan daging kambing yang dimasak dalam kuah kental berbumbu rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan jahe. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan seringkali disajikan dengan nasi putih atau ketupat.

Baca juga : Rekomendasi Kue yang Wajib Ada Saat Lebaran Idul Fitri & Adha!

4. Sambal Goreng Ati (Betawi, Jakarta)

Sambal goreng ati adalah hidangan Betawi yang terbuat dari hati sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun salam, dan serai. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan biasanya disajikan sebagai lauk pada saat Idul Fitri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan